Stok Darah di PMI Jepara Mulai Meningkat

Salah satu pegawai memperliatkan stok darah di PMI Kabupaten Jepara. (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) Jepara mulai meningkat, setelah sebelumnya sempat hanya menyisakan hanya 29 kantong. Kini, ketersediaan darah di Blood Bank mencapai 66 kantong untuk seluruh golongan, Rabu (2/8/2017).

Petugas Seksi Pelayanan Darah dan Rujukan PMI Jepara Syahrul menyampaikan, peningkatan stok ini seiring dengan jumlah pendonor yang bertambah. Hal itu dikarenakan, banyak even seperti HUT RI dan meningkatnya permintaan untuk donor darah massal.

“Kita optimis persediaan kantong darah bisa normal kembali pada bulan Agustus,” kata Syahrul. 

Adapun, stok kantong darah pada hari kedua Bulan Agustus terdiri atas golongan A 19 kantong, B 16 kantong, O 27 kantong dan AB empat kantong. Ia mengatakan, sediaan kantong darah selalu dinamis tiap hari, karena jumlah pendonor ataupun permintaan yang selalu bertambah ataupun berkurang. 

Dirinya menyatakan, pihaknya sudah menerima permintaan untuk melayani donor darah massal. Mulai dari awal bulan ini hingga pertengahan. Syahrul berujar, untuk setiap kegiatan donor darah setidaknya bisa mengumpulkan 25 kantong darah. 

Menjawab soal stok darah yang sempat kritis setelah Lebaran tahun ini, hal itu sudah terjadi tak hanya di Jepara. “Kondisi yang sama terjadi di hampir semua daerah di Jawa Tengah. PMI Magelang dan Pati pun sempat meminta bantuan stok darah ke PMI Jepara, namun tak dikabulkan, karen kondisinya pun serupa, sedang kritis,” urainya. 

Untuk mengatasi hal tersebut, ia mengatakan melayani warga. Hal itu dengan menghubungi pendonor yang pernah berderma darah di PMI, untuk membantu orang yang sedang membutuhkan transfusi darah.

Editor : Akrom Hazami