Program TMMD Sengkuyung Tahap II Ditutup di Tanjungrejo Pati

Penutupan TMMD Sengkuyung Tahap II di Desa Tanjungrejo, Margorejo, Pati, Rabu (2/8/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Program TNI Manunggal Masuk Desa (TMMD) Sengkuyung II ditutup di Desa Tanjungrejo, Kecamatan Margoyoso, Pati, Rabu (2/7/2017).

Program tersebut terdiri dari pembangunan fisik dan nonfisik. Pembangunan fisik dilakukan dengan pengaspalan jalan sepanjang 2 kilometer dengan lebar tiga meter, betonisasi jalan, pembuatan pos kamling dan tugu prasasti TMMD.

Sementara pembangunan nonfisik dilakukan dengan pelayanan keluarga berencana (KB), penyuluhan pertanian, workshop teknologi tepat guna, pelatihan kepada ibu-ibu PKK, dan olahraga bersama masyarakat.

Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma mengatakan, TMMD merupakan program dari pemerintah untuk meningkatkan kualitas masyarakat desa. Selain itu, TMMD mengajarkan masyarakat untuk membangun kebersamaan dan kemanunggalan rakyat dengan TNI AD.

“Ada banyak manfaat dari program TMMD. Masyarakat bisa merasakan langsung pembangunan fisik berupa jalan yang baik dan berbagai sarana lainnya. Mereka juga dibekali dengan keterampilan pada pembangunan nonfisik,” kata Andri.

Pembangunan fisik diharapkan bisa meningkatkan ekonomi masyarakat, karena akses jalan yang baik. Adapun pembangunan nonfisik bertujuan untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) yang lebih baik.

“TMMD mengajarkan kepada kita untuk terus menjaga semangat gotong-royong sebagai warisan budaya bangsa. Jangan tinggalkan budaya gotong-royong yang menjadi ajaran leluhur masyarakat Nusantara dari generasi ke generasi,” pesannya.

Editor : Akrom Hazami