Serunya Momen saat Rama dan Sinta Pawai Lebaran

Salah satu peserta pawai yang menyita perhatian adalah perwakilan dari salah satu komunitas pemuda yang menampilkan tema lakon pewayangan Rama dan Sinta. (MuriaMewsCom/Merie)

MuriaNewsCom,Jepara – Lebaran memang momen yang menggembirakan. Karenanya patut dirayakan dengan kemeriahan yang berbeda.

Itulah yang terlihat saat warga Desa Pecangaan Wetan, Kecamatan Pecangaan, Kabupaten Jepara, menggelar pawai malam Lebaran di desa mereka.

Bukan saja iringan musik yang memeriahkan malam Lebaran, namun pawai dengan berbagai tema, juga turut ditampilkan di sana. Suasananya jelas sangat meriah, menambah semarak suasana Lebaran di desa tersebut.

Salah satu peserta pawai yang menyita perhatian adalah perwakilan dari salah satu komunitas pemuda desa tersebut, yang menampilkan tema lakon pewayangan Rama dan Sinta. 

Menjadi menarik karena dua orang yang didapuk menjadi figur Rama dan Sinta, dinaikkan kereta kencana, layaknya raja dan ratu. Mereka lantas diarak keliling desa. Dimulai dari masjid di kawasan tersebut, sampai ke lokasi finish di depan balai desa.

Warga yang melihat kedua figur tersebut, memang memuji mereka. Karena warga melihat bahwa karakter tersebut sangat unik dan berbeda di antara peserta pawai lainnya.

“Unik saja peserta yang satu itu. Karena menampilkan sesuatu yang merupakan seni dan budaya, dipadukan dengan musik yang harmonis. Sangat menghibur juga,” kata Reza Ahmad, salah satu warga setempat.

Selain kedua tokoh tersebut, banyak tema-tema lain yang ditampilkan dalam pawai tersebut. Satu persatu mereka diarak melalui rute yang sudah ditentukan panitia.

Wajar jika kemudian peserta pawai menampilkan tema-tema yang menarik. Pasalnya, atraksi mereka juga dinilai dewan juri, dan akan membuat mereka menjadi juara.

Editor : Kholistiono