Urai Kemacetan, Satlantas Rembang Lakukan Rekayasa Lalu Lintas di Titik Ini

Kemacetan di Jalan Kartini atau arah pasar Rembang atau arah Blora hingga pukul 15.00 WIB. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Satlantas Polres Rembang, pada Jumat (23/6/ 2017) melakukan rekayasa lalu lintas di area pasar Rembang Kota.

Pasalnya, menjelang lebaran ini di daerah tersebut sudah mulai nampak kemacetan dan padatnya kendaraan yang melintas di Jalan Kartini maupun Jalan Pemuda Rembang. Terlebih, jalan tersebut sebagai jalur utama Rembang-Blora maupun Bojonegoro menuju pantura.

Kaur Binops Satuan Lalu Lintas Polres Rembang Iptu Rohmat, mengatakan, H-2 Lebaran ini kepadatan iring – iringan mobil pemudik meningkat pesat, dibandingkan hari sebelumnya.

“Dengan kondisi itu, polisi kemudian memasang pagar pembatas di sebelah selatan bundaran pasar. Tujuannya, untuk mengarahkan mobil dari utara, tidak boleh langsung memutar bundaran atau belok menuju pasar. Sehingga langsung menuju Jalan Pemuda atau lurus,” paparnya.

Selain itu, ia juga menjalankan rekayasa lalu lintas, supaya penumpukan kendaraan atau kemacetan di area pasar bisa terurai.

“Ini juga sebagai langkah untuk mengurai kemacetan. Yakni dengan cara rekayasa lalu lintas. Kalu tidak ada rekayasa lalu lintas, dikhawatirkan jalur tersebut macet cukup panjang, mengingat juga berdekatan dengan lampu traffic light perempatan eks stasiun,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pemberlakuan rekayasa lalu lintas melihat situasi dan kondisi jalan. Artinya tidak penuh selama 1 hari, tapi antara pagi sampai siang hingga sore atau di saat jam – jam ramai. “Kemungkinan Sabtu akan dilakukan rekayasa serupa masih tetap berlangsung. Anggota siaga di titik tersebut, karena merupakan simpul kemacetan pada arus mudik Lebaran,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono