Perantau Mulai Pulang ke Karimunjawa

Boarding pass, penumpang kapal KMC Express Bahari memadati Pelabuhan Kartini, Jumat (23/6/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Puncak penyeberangan ke Karimunjawa, terjadi hari ini Jumat (23/6/2017). Pengguna jasa kapal sebagian besar didominasi oleh warga pulau yang merantau ke luar pulau.

Seperti Muhammad Nurikan (39), warga Desa Alang-alang, Karimunjawa itu mengatakan, dirinya menjadi pekerja di Semarang. Kini ketika ada kesempatan, ia menyempatkan diri untuk menyambangi keluarganya.

“Saya kerjanya di Semarang, ini mudik sekarang sampai nanti pas lomban (tujuh hari setelah lebaran), baru pulang lagi ke perantauan,” katanya, saat akan menyeberang menggunakan jasa KMC Express Bahari 2C, pagi pukul 09.00 WIB. 

Dirinya menambahkan, sengaja mudik melalui pelabuhan Kartini karena merasa jadwal penyeberangan yang lebih tepat. Sedangkan jika melalui Semarang, ia merasakan pemberangkatannya tidak tepat. 

Nurikan mengaku, setahun lalu memilih menggunakan jasa Kapal Kartini di Pelabuhan Semarang. Namun karena dirasa tak tepat jadwalnya, maka dirinya memilih menyebrang di Jepara.

“Kalau enaknya menyebrang di Semarang karena lebih dekat, namun jadwalnya sekarang tidak pasti. Sabtu biasanya ada, namun lain hari kadang tidak ada. Jadi saya memilih menyeberang lewat Jepara,” ujarnya. 

Pemudik lain Sri Handayani, mengaku datang dari Jakarta. Ia sendiri adalah orang asli dari Karimunjawa. “Saya aslinya orang Jelamun, ini mudik dari Jakarta membawa serta lima anggota keluarga saya. Kemungkinan seminggu di kampung,” tuturnya.

Manajer Cabang Jepara PT Pelayaran Sakti Makmur selaku operator KMC Express Sugeng Riyadi, mengatakan jumlah penyeberang didominasi oleh penumpang lokal. Namun demikian, wisatawan mancanegara juga masih terlihat. “Wisatawan mancanegara jumlahnya 30 persen dibanding penumpang lokal,” jelas Sugeng. 

Ia mengatakan, puncak penyeberangan diprediksi akan berlangsung hingga Sabtu (24/6/2017). “Kalau peningkatannya masih dalam batas normal, ya sekitar 200 lebih. Namun kita memprediksi ada peningkatan penumpang lagi pada H+2 lebaran, yang mana akan didominasi oleh wisatawan,” tutur dia.

Oleh karenanya, pihaknya akan menyiagakan satu kapal lagi yakni KMC Bahari Express 1C. Rencananya kapal tersebut akan datang ke Pelabuhan Kartini pada Jumat sore. 

Sementara itu, Kasi Pelabuhan Kartini Supomo menyebut peningkatan penumpang mulai terjadi pada hari Selasa (20/6/2017). 

Editor : Kholistiono