Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Banjir Pladen Kudus Kini Telah Surut, Ini Harapan Warga



Reporter:    /  @ 14:01:26  /  3 Juni 2017

    Print       Email

 

 

Petugas BPBD Kudus tampak memantau kondisi tanggul yang jebol di Dukuh Jawik, Pladen, Jekulo, Sabtu. (MuriaNewsCom/Fasiol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Banjir yang melanda Desa Pladen, Kecamatan Jekulo, Kudus, Jumat (2/6/2017) kini telah surut. Hal itu tampak saat MuriaNewsCom mendatangi lokasi pada Sabtu (3/6/2017). Sejumlah warga yang rumahnya terdampak banjir membersihkan sisa lumpur. Termasuk juga membersihkan halaman rumah, hingga permukaan jalan.

Sumo (60) warga setempat berharap agar tanggul yang jebol dibenahi, agar jika hujan deras kembali, kejadian kerusakan tanggul tak terulang. “Kalau bisa, malah dibuat tanggul yang permanen, jadi jika ada gelontoran air masih kuat menopang,” kata Sumo.

Menurutnya, banjir yang menimpa Desa Pladen rupanya tak hanya disebabkan dari satu tanggul yang jebol, tapi ada tanggul lain yang juga ambrol.  Lokasinya tak begitu jauh dari tanggul pertama yang jebol.

Kusnandar (47) warga setempat menuturkan tanggul sungai yang jebol pertama berada di depan rumahnya. Tanggul jebol terjadi saat kawasan tersebut sedang diguyur hujan deras. “Tapi setelah malam ternyata air tak hanya datang dari depan rumah saja. Namun juga dari belakang rumah, setelah lagi tadi dilihat, ternyata ada satu tanggul lagi di kawasan persawahan yang juga jebol,” kata Kusnandar.

Jebolnya tanggul dengan panjang kisaran 20 meter. Tanggul jebol lantaran tak kuat menahan air yang amat deras. Apalgi tanggul tersebut terbuat dari tanah bekas kerukan sungai. Sungai di lokasi itu baru dinormalisasi, beberapa pekan lalu. Beberapa hari sebelum puasa, juga tampak pekerjaan pengerukan sungai.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →