Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Harga Bawang Putih di Kudus masih Tinggi



Reporter:    /  @ 08:00:44  /  3 Juni 2017

    Print       Email


Kepala Bidang Fasilitas Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Sepekan Ramadan berlalu, harga bawang putih di Kudus masih cenderung tinggi. Bahkan, Jumat (2/6/2017) harga bawang putih Rp 55 ribu per kilogramnya untuk jenis cutting.

Kepala Bidang Fasilitas Perdagangan dan Perlindungan Konsumen Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus Imam Prayitno mengatakan, harga bawang putih di tiga pasar tradisional Kudus tinggi dengan rata-rata Rp 55 ribu per kg. Atas dasar itulah,operasi pasar (OP) dilaksanakan.

“Sebenarnya tujuan OP memang menekan harga, namun ternyata harganya tak sesuai perkiraan dan untuk bawang putihnya malah jenisnya yang tak disukai masyarakat Kudus yakni hinan,” katanya 

Menurut dia, bawang putih Rp 55 ribu per kg  itu merupakan jenis cutting yang unggul atau yang besar. Sedang untuk hinan, masyarakat Kudus tak tertarik, maka pedagang tak menjualnya. 

Imam menjelaskan, selain Kudus, beberapa wilayah lain juga fanatik dengan bawang jenis cutting. Seperti Jepara, Demak, Semarang dan beberapa wilayah di Pati dan sebagian Rembang.

Dia mengatakan, usai melakukan OP pagi tadi, pihaknya langsung melakukan pantauan stok di Pasar Bitingan Kudus. Di sana, dijumpai adanya tumpukan bawang putih jenis cutting, namun tak diminati masyarakat. Itu disebabkan bawang tersebut berukuran kecil.

“Padahal cukup banyak stoknya, dan harganya cukup murah yaitu Rp 30 ribu saja per kilogram. Namun kembali lantaran ukuran yang kecil, sehingga tak begitu diminati,” ucapnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →