Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kiriman Barang dan Uang di Kantor Pos Jepara Meningkat



Reporter:    /  @ 12:00:37  /  2 Juni 2017

    Print       Email

Petugas Kantor Pos Jepara sedang menata hantaran dan kiriman barang, Jumat (2/5/2017). (MuriaNewsCom/Padhang Pranoto)

MuriaNewsCom, Jepara – Frekuensi pengiriman barang dan uang di Kantor Pos Jepara meningkat, selama bulan Ramadan. Bahkan kiriman uang dari negara luar negeri telah marak sejak awal puasa.

Kepala Kantor Pos Jepara Elan Pramudiansyah mengatakan, tren peningkatan kiriman uang dari luar negeri mencapai 10 persen. Kiriman tersebut berasal dari negara seperti Arab, Malaysia, Singapura, hingga Eropa.

“Untuk kiriman uang dari luar negeri ke Jepara, melalui kantor pos meningkat sejak awal bulan puasa. Selain dari negara kantong TKI, adapula pengiriman uang yang berasal dari negara tujuan ekspor untuk pelunasan pembayaran bisnis mebel,” katanya, Jumat (2/6/2017).

Menurutnya, hal itu dipengaruhi oleh beberapa alasan. Untuk kiriman uang dari negara kantong TKI uang yang dikirim dimungkinkan untuk konsumsi selama Ramadan dan menjelang Lebaran. 

Sedangkan, kiriman dari negara tujuan ekspor untuk melunasi bisnis mebel. Karenan nantinya pada hari raya, kiriman furnitur dari Jepara libur.

Sementara itu, pengiriman barang ke luar Jepara mulai terlihat peningkatan sejak hari Jumat. Rerata kiriman didominasi oleh usaha kecil menengah dan mikro (UMKM).   

“Peningkatan terjadi sekitar 15 persen untuk pengiriman barang. Trennya bergeser ke barang yang lebih besar. Setelah sempat booming batu akik dan emban, kini beralih menjadi barang seperti rebana, kain troso, ataupun kursi dari tong,” imbuh Elan. 

Dirinya merinci, pada kiriman barang reguler sekitar 500 koli. Sedangkan mendekati hari raya bisa naik 600-650 koli. Sedangkan untuk transaksi kiriman uang, peningkatan diangka 1100 transaksi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →