Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Perhutani Targetkan Peningkatan Produksi Minyak Kayu Putih di Grobogan



Reporter:    /  @ 13:00:38  /  31 Maret 2017

    Print       Email

Direktur Utama Perhutani Denaldy M Maulana (baju putih) saat meninjau Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) di Dusun Krai, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan, Kamis (30/3/2017). (MuriaNewsCom / Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Direktur Utama Perum Perhutani Denaldy M Maulana berupaya agar kapasitas produksi minyak kayu putih yang ditangani KPH Gundih bisa ditingkatkan. Hal itu disampaikan Denaldy saat melangsungkan kunjungan ke Pabrik Minyak Kayu Putih (PMKP) di Dusun Krai, Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh, Grobogan, Kamis (30/3/2017) sore hingga menjelang petang.

Kunjungan yang dilakukan orang nomor satu di Perum Perhutani itu dilakukan mendadak. Sebelumnya, Denaldy sempat melangsungkan acara di Universitas Sebelas Maret Surakarta.

Setelah selesai acara di Surakarta, ia langsung meluncur ke kantor KPH Gundih yang berada di jalan Purwodadi-Solo km 20. Denaldy sempat melihat sebentar kondisi bangunan sebelum meluncur ke PMPK yang berjarak sekitar 15 km dari kantor KPH Gundih.

“Ini pertama kali saya ke sini. Ada beberapa pabrik pengolah daun kayu putih yang kita punya,” katanya.

Menurut Denaldy, kapasitas produksi PMKP milik KPH Gundih masih berpotensi untuk ditingkatkan dengan beberapa opsi. Antara lain, pabrik diperbaharui secara menyeluruh, ditutup atau dikelola Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) kemudian membangun pabrik di lokasi lain.

“Kami minta supaya pihak KPH Gundih segera mengirimkan proposal. Kami akan mengkaji opsi-opsi yang ada. Langkah yang diambil diusahakan agar tidak membebani perusahaan,” jelasnya.

Menurutnya, prospek minyak kayu putih dinilai masih sangat bagus. Denaldy mengaku sudah banyak orang yang datang kepadanya meminta peningkatan kapasitas produk minyak kayu putih. 

“Saat ini minyak kayu putih baru menyumbang sekitar 4 persen pendapatan. Masih kecil. Tetapi, prospek ke depan masih bagus,” imbuhnya. 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →