Satlantas Polres Kudus Latihan Praktik Pertolongan Korban Kecelakaan

Aksi pertolongan pertama pada korban kecelakaan lalu lintas di Kudus, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Satlantas Polres Kudus melakukan latihan praktik Pertolongan Pertama Gawat Darurat (PPGD) pada korban kecelakaan lalu lintas di mapolres setempat. Latihan tersebut diikuti komunitas sepeda motor.

Kasat Lantas Polres Kudus AKP Eko Rubiyanto mengatakan, pelatihan diikuti kalangan warga agar tahu bagaimana cara penanganannya. “Jadi jangan sampai takut menolong korban laka lantas. Masyarakat umum juga dapat membantu menanganinya,” kata Eko di Kudus, Kamis (30/3/2017).

Tujuan kegiatan adalah mengajak masyarakat umum membantu menangani korban kecelakaan. Sebab, dalam beberapa kasus jika harus menunggu polisi yang datang, maka membutuhkan waktu yang cukup lama. Dengan peran masyarakat menangani kecelakaan, maka juga mengurangi tingkat risiko kematian akibat keterlambatan pertolongan.

“Sebenarnya masyarakat bisa membantu melakukan penanganan. Jika melihat kecelakaan agar tak meninggalkannya, tapi bisa membantu menolong korban,” ungkapnya. 

Dalam kegiatan dipraktikkan latihan cara penanganan seperti adanya kecelakaan antara sepeda dan sepeda motor. Kemudian diperagakan cara menolong korban laka lantas yang tergeletak. Selain sejumlah komunitas, nampak pula petugas Dishub Kudus dan juga petugas dari RSUD Kudus.

Editor : Akrom Hazami