Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Daripada Nganggur, Anda Bisa jadi Juru Parkir dan Penyapu Jalan di Kudus



Reporter:    /  @ 16:00:32  /  30 Maret 2017

    Print       Email

Warga berkomunikasi dengan Dishub dan Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup di Demaan, Kecamatan Kota. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemkab Kudus tak serta-merta melarang warga Demaan, Kecamatan Kota, untuk mengemis dan mengamen. Mereka juga memberikan solusi kepada warga yang ingin meninggalkan aktivitasnya tersebut.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Kudus Didik Sugiharto, mengatakan saat ini banyak lokasi jalan di wilayah perkotaan yang selalu ramai. Itu dapat dimanfaatkan masyarakat untuk menjadi lahan juru parkir di tepi jalan

“Itu kan lebih bagus ketimbang meminta-minta. Misalnya saja jalan Sunan Kudus, kan tidak bisa dijaga satu orang mulai pagi hingga malam. Jadi bisa pagi siapa, sore siapa dan malam siapa,” katanya.

Dikatakan selama ini banyak wilayah yang tak memiliki juru parkir. Kalaupun ada yang memarkir, itu dipastikan bukan dari petugasnya dan boleh dibilang liar. Jika demikian maka itu sudah menjadi urusannya secara lembaga.

Lebih jauh dikatakan, jika parkir sampai dilarang, maka warga dapat langsung  SMS atau menelpeon Dishub. Saat itu juga dipastikan datang untuk menyelesaikan persoalan tersebut.

“Namun jangan lupa kasih kas negara, karena jalan yang dipakai untuk parkir juga milik negara. Lokasinya bebas, asalkan jalan negara,” ujarnya.

Sedangkan Sumiyatun, Kepala  Dinas Perumahan, Kawasan Permukiman, dan Lingkungan Hidup Kudus mengatakan kalau warga juga bisa menjadi petugas kebersihan jalan. Asalkan mau menyapu dengan bersih, maka akan direkrut.

“Mau itu lulusan SD, SMP syukur SMA tak masalah. Yang penting itu bisa bekerja dan niatan baik. Pasti kami terima, datang saja ke kantor besok,” jelasnya.

Soal gaji, dikatakan  Sumiyatun, petugas kebersihan mendapatkan gaji sesuai nilai UMK Kudus, Rp 1,7 juta. “Kalau ingin usaha juga ada KUP, tak ada keterampilan ada BLK, tinggal datang saja pasti diterima. Mau salon, bengkel, ada semua,” imbuhnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →