Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Betapa Pentingnya Anggota Patroli Keamanan Sekolah (PKS), Ini Buktinya di Grobogan



Reporter:    /  @ 17:00:48  /  29 Maret 2017

    Print       Email

Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano memberikan pengarahan pada para juara lomba PKS tingkat SMA se-kabupaten di GOR Simpanglima Purwodadi, Rabu (29/3/2017). (MuriaNewsCom / Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Keberadaan Patroli Keamanan Sekolah (PKS) dirasa masih cukup efektif untuk membantu mengurangi angka kecelakaan. Khususnya yang melibatkan anak muda atau usia produktif.

“Sebelum menjadi anggota PKS, para pelajar ini terlebih dahulu mendapat serangkaian pendidikan masalah lalu lintas serta beberapa materi pelatihan lainnya. Dengan memahami berbagai aturan berkendara ini secara tidak langsung bisa mengurangi terjadinya kecelakaan,” kata Kapolres Grobogan AKBP Satria Rizkiano didampingi Kasat Lantas AKP Panji Gedhe Prabawa dan Kasubag Humas AKP I Made Sujana, saat menyaksikan lomba PKS tingkat SMA se-kabupaten di GOR Simpanglima Purwodadi, Rabu (29/3/2017).

Menurutnya, dalam pembinaan terhadap PKS, materi yang diberikan berupa berbagai permasalah di bidang lalu lintas. Misalnya, pengenalan aturan lalu lintas, cara mengatur arus lalu lintas bagaimana mengedepankan keselamatan diri sendiri dan orang lain. Selain itu, pemahaman masalah rambu dan marka jalan juga diberikan pada anggota PKS.

Dikatakan para pelajar sejauh ini memang memiliki risiko tinggi dengan kecelakaan. Penyebabnya, mereka belum memahami dengan baik aturan berkendara di jalan raya. Selain itu tingkat emosional tinggi, kontrol terbatas, belum memiliki risiko tanggungan keluarga juga jadi faktor lainnya.

Saat ini, secara umum kesadaran tertib berlalu lintas dikalangan pelajar masih rendah. Mereka mengendarai sepeda motor atau mobil di jalan raya, hanya sekadar bisa. Akan lebih ideal, bila mereka memahami aturan berlalu lintas dan terampil dalam berkendara.

“PKS merupakan media yang efektif dalam sosialisasi dan pembinaan tertib berlalu lintas secara dini. Diharapkan, para siswa nantinya dapat menjadi pelopor tertib berlalu lintas di kalangan keluarga dan lingkungannya,” sambungnya.

Ditambahkan, dalam pembinaan terhadap PKS, materi yang diberikan berupa berbagai permasalah di bidang lalu lintas. Misalnya, pengenalan aturan lalu lintas, cara mengatur arus lalu lintas bagaimana mengedepankan keselamatan diri sendiri dan orang lain.

Sementara itu, dalam lomba tersebut, tim PKS dari SMAN 1 Grobogan berhasil keluar sebagai juara. Disusul berikutnya tim SMAN 1 Purwodadi di peringkat II dan tim SMKN 2 Purwodadi dinobatkan di peringkat III.

“Setelah ini, kita akan ikut lomba tingkat Jawa Tengah. Timnya akan kita ambil dari para juara tingkat SMA ini,” imbuh Panji.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →