Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini yang Dilakukan Agar Pencak Silat Tidak Disalahgunakan



Reporter:    /  @ 14:00:28  /  28 Maret 2017

    Print       Email

Anggota pencak silat Pagar Nusa melakukan latihan bersama di Lapangan Boro Tugel, Kabongan Kidul, Kecamatan Rembang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom,Rembang – Sebagai tradisi dan seni warisan nenek moyang Nusantara, pencak silat kini banyak digemari masyarakat. Mulai anak-anak, biasanya tak jarang sudah diajarkan olahraga pencak silat ini. Berbagai perguruan juga banyak berdiri di Indonesia, salah satunya Pagar Nusa.

Akhwan, salah seorang anggota pencak silat Pagar Nusa Rembang menyampaikan, agar anak-anak mengaplikasikan olahraga tersebut sesuai kegunaannya, katanya, anggota yang tergabung dalam Pagar Nusa selalu diberikan pendidikan karakter dan mental.

“Pencak silat ini bukan bertujuan untuk digunakan agar menjadi jagoan, tapi ini adalah olahraga yang juga bisa membentuk mental anak yang kuat, berakhlak dan kepribadian. Dengan adanya pendidikan karakter ini, kita berharap justru tidak digunakan untuk tindakan kekerasan, misalnya tawuran atau lainnya,” ungkapnya.

Menurutnya, pendidikan moral dan karakter sangat penting, apalagi, dalam beberapa tahun terakhir ada muncul kasus kekerasan yang dilakukan di kalangan anak-anak atau remaja.

Katanya, ke depan, pihaknya juga bakal menggandeng pemerintah maupun lembaga lainnya untuk memberikan pendidikan karakter terhadap anggota Pagar Nusa.

Dia menambahkan, tak kalah penting menurutnya adalah, bagaiamana pelatih  terus memberikan masukan, arahan kepada anak didiknya, agar olahraga ini dapat digunakan secara positif.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →