Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Tunjangan Profesi Dinilai Tak Mampu Tingkatkan Profesionalitas Guru di Pati



Reporter:    /  @ 21:28:45  /  27 Maret 2017

    Print       Email

Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Pati Ahmadi. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Alokasi tunjangan profesi ternyata tidak mampu meningkatkan kualitas dan profesionalitas guru di Pati. Hal itu yang menjadi sorotan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kabupaten Pati.

Kabid Pengembangan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Disdikbud Pati Ahmadi mengungkapkan, profesionalitas guru di Pati masih jauh dari harapan kendati mendapatkan alokasi tunjangan profesi. Karena itu, dia mengimbau kepada para guru di Pati untuk terus meningkatkan profesionalitas.

“Tugas guru bukan sebuah pekerjaan yang mengajar saja. Lebih dari itu, guru harus bisa mendidik anak supaya lebih terdidik. Kalau guru tidak bisa profesional, imbasnya pada kualitas sumber daya manusia (SDM) anak didik,” ungkap Ahmadi, Senin (27/3/2017).

Di era kompetisi global saat ini, Ahmadi menilai peran guru sangat penting dan menentukan. Seorang guru bertanggung jawab atas kualitas siswa yang akan mengisi bangsa Indonesia ke depan. Guru yang tidak profesional dipastikan akan memengaruhi maju tidaknya bangsa.

Menurut Ahmadi, seorang guru mesti bisa menjadi pelatih, pembimbing, pendidik sekaligus teladan bagi siswanya. Dia memiliki tanggung jawab yang besar, sehingga profesionalitas sangat perlu ditekankan.

“Jika guru bisa menginspirasi, profesional dalam mengajar dan menjadi figur teladan bagi siswa, bangsa ini akan maju. Sebab, para guru sangat menentukan kualitas SDM yang pada akhirnya menentukan masa depan anak dan bangsa,” tandas Ahmadi.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →