Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Koleksi Purbakala Sangiran dan Banjarejo Dipajang di Gedung Wisuda Budaya Grobogan



Reporter:    /  @ 19:00:57  /  23 Maret 2017

    Print       Email

Belasan petugas sedang menyiapkan lokasi pameran purbakala di Gedung Wisuda Budaya (MuriaNewsCom / Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Pameran purbakala yang diselenggarakan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba (BPSMP) Sangiran, sudah siap digelar. Indikasinya, aneka koleksi purbakala dari Museum Sangiran maupun yang ditemukan di Desa Banjarejo, Kecamatan Gabus, Grobogan sudah mulai ditata di gedung Wisuda Budaya Purwodadi.

Rencananya, pameran bakal dibuka mulai Jumat besok hingga 28 Maret. Pameran dibuka mulai pukul 09.00-18.00 WIB.

Dari pantauan di lokasi, tempat pameran sudah terlihat cukup rapi. Beragam benda purbakala sudah ditempatkan dalam meja khusus dan ditutup dengan kaca.

Di belakang pintu masuk utama sudah digelar karpet merah menuju lokasi pajangan benda purbakala. Sepasang gading jadi hiasan pintu masuk ruang pameran. Di tengah pajangan, terdapat tempat yang dibuat mirip sebuah taman. Selain pohon kertas di lokasi ini terdapat rekonstruksi tiga patung manusia purba Homo Erctus. Terdiri laki-laki, perempuan, dan anak.

Di antara tempat pajangan dan taman ini juga dihamparkan karpet merah untuk jalan para pengunjung. Di dalam gedung sisi utara, juga sudah tertata deretan kursi yang di depannya terdapat proyektor dan layar berukuran 2 x 2 meter. Lokasi ini disiapkan untuk menyaksikan pemutaran film kepurbakalaan dan sejarah Museum Sangiran.

Hingga sore tadi, masih ada belasan orang yang sibuk mempersiapkan lokasi pameran. Salah satunya adalah Kades Banjarejo Ahmad Taufik dan beberapa warganya. Selebihnya merupakan petugas dari Sangiran.

“Saya kesini bersama beberapa anggota komunitas peduli fosil Banjarejo. Ini, masih menata beberapa koleksi yang akan ikut dipamerkan di sini. Khusus, untuk koleksi dari Banjarejo ditempatkan sebelah utara. Lainnya, dari Sangiran,” katanya, Jumat (23/3/2017).

Sebelumnya, Kepala BPSMP Sangiran Sukronedi menyatakan, tujuan digelarnya pameran adalah untuk menyebar luaskan informasi kepurbakalaan, baik dari Sangiran dan Banjarejo bagi masyarakat luas.

Khususnya, buat kalangan pelajar. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan Grobogan untuk memobilisasi siswa sekolah guna menyaksikan pameran sekaligus menimba ilmu kepurbakalaan.

“Bagi pengunjung pameran tidak dipungut biaya alias gratis. Oleh sebab itu, kami berharap pameran nanti bisa dimanfaatkan untuk menambah pengetahuan,” katanya. 

 

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →