Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Menhub di Kudus Singgung soal Kebutuhan Nahkoda yang masih Kurang



Reporter:    /  @ 14:36:25  /  23 Maret 2017

    Print       Email

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi tiba di SMK Wisuda Karya dan disambut oleh para siswa, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi melakukan kunjungan ke SMK Wisudha Karya Kudus, Kamis (23/3/2017). Di antara tujuannya adalah memantau kegiatan belajar mengajar di sekolah tersebut.

Dalam kesempatan itu, Budi menyinggung banyak nahkoda kapal Indonesia yang tidak mendapatkan pendidikan formal. Untuk itu, kehadiran sekolah formal jurusan Maritim seperti di SMK Wisudha Karya merupakan hal bagus, serta menjadi solusi bagi kebutuhan negara.

“Indonesia itu sangat luas, dan banyak lautan. Saya pernah datang ke Maluku, di sana tidak memiliki pendidikan formalnya tentang kelautan,” katanya kepada media.

Menurutnya, kebutuhan akan sekolah maritim memang masih sangat tinggi. Namun jika pemerintah membuat sekolah maritim secara khusus akan menghabiskan biaya banyak. Untuk itu, peran swasta sangat penting untuk menyediakan kebutuhan itu.

Pihaknya merencanakan akan mewujudkan pendidikan formal untuk pelayaran di kawasan Indonesia timur. Namun berbeda dengan sekolah jurusan tingkat SMK, yakni kerja sama dengan universitas.

“Saya sudah mengadakan pertemuan dengan universitas, harapannya bakal muncul jurusan baik itu D2, D3 bahkan sampai dengan S1. Tentunya peran perusahaan sangatlah penting lantaran untuk mengisi ruang kosong pemerintah,” jelasnya.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →