Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Datangi SMA 1 Kudus, Ombudsman Telusuri Dugaan Bocornya Soal USBN



Reporter:    /  @ 18:00:47  /  22 Maret 2017

    Print       Email

Muhammad Agus Ardiansyah, Asisten Ombudsman bidang Pengawasan menjelaskan kepada media tentang maksud kedatangannya ke SMA 1 Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ombudsman RI perwakilan Provinsi Jawa Tengah mendatangi SMA N 1 Kudus terkait kabar bocornya soal Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN),  2017.

Muhammad Agus Ardiansyah, Asisten Ombudsman bidang Pengawasan mengatakan, pihaknya sudah mendapatkan laporan terkait adanya kabar kebocoran soal tersebut.

“Rekan-rekan media memiliki peranan yang penting untuk berpartisipasi dalam pemberitaan pelanggaran. Kami juga meminta kepada para siswa dan juga orang tua dapat melaporkan jika ada kecurangan ujian termasuk USBN,” katanya di SMA 1 Kudus, Rabu (23/3/2017).

Dalam kunjungan itu, pihaknya beranggotakan enam orang. Pemeriksaan dugaan soal bocor dilakukan dengan bertanya secara langsung kepada Kepala SMA 1 Kudus Shodiqun selama beberapa menit di ruangannya.

Dari hasil penyelidikan yang dilakukan, dia mengatakan kalau tidak ada kebocoran dalam soal ujian tersebut. Sebab, semua prosedur sudah dilakukan dalam hal pelaksanaan USBN mulai dari awal soal dicetak hingga proses pengerjaan soalnya. “Kabar tersebut tidak benar atau hoax. Karena soal berbeda dan tidak ada kecurangan atau kebocoran dalam USBN ini,” ujarnya.

Sebelumnya, diberitakan kalau beredar soal USBN via aplikasi WhatsApp (WA). Soal tersebut bermata ujian PAI yang berlangsung pada Senin (20/3/2017). Soal yang beredar dalam format PDF file, yang mana format dan modelnya sangat meyakinkan.

Muhammad Idris, siswa SMA 1 Kudus jurusan IPA mengatakan, setelah melihat soal yang tersebar itu dilihatnya banyak persamaan dengan yang dikerjakan. Hanya, dia tidak mendapatkan soal yang diduga bocor tersebut.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →