Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ketua PGRI Jateng : Guru Terlalu Dibebani Administrasi



Reporter:    /  @ 16:35:47  /  22 Maret 2017

    Print       Email

Caption : Ketua PGRI Jateng (paling kiri) memberikan keterangan tentang beban administrasi yang berat dialami para guru, di Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Ketua PGRI Jateng Widadi mengatakan, selama ini beban guru dalam hal administrasi sangatlah tinggi. Untuk itu, dia meminta kepada pemerintah agar mengurangi beban guru, terutama di Jateng.

Pernyataan tersebut diungkapkan saat berkunjung ke Kudus, Rabu (21/3/2017). Dalam acara pelantikan Ketua PGRI Kudus, dia mengatakan selama ini para guru seringkali dipusingkan dengan adanya administrasi yang tak kunjung selesai dikerjakan.

“Kami dari PGRI sudah menemui langsung bapak Presiden terkait hal itu. Kami sampaikan kritikan kalau banyak beban guru yang terlalu tinggi dalam hal administrasinya,” kata Widadi di gedung PGRI Kudus di Kecamatan Kaliwungu.

Berdasarkan pengalaman yang dilakukan, dia pernah menjumpai seorang guru yang sampai lembur hingga tengah malam. Itu dilakukan hanya untuk menyusun laporan administrasi yang banyak. Kondisi itu dirasa memberatkan guru dan bahkan menyita banyak waktu serta energi. Atas dasar itu juga yang mendasari adanya keluhan yang disampaikan kepada Presiden secara langsung.

“Kebetulan kan saudara Presiden ada yang jadi guru. Jadi dia juga merasakan apa yang dirasakan oleh sejumlah guru. Dan kami yakin, itu juga dilaporkan kepada Presiden secara langsung,” ujarnya.

Keinginannya dalam merevisi administrasi diminta agar lebih ringkas dan praktis. Bukan untuk menghilangkan administrasi yang sudah berjalan, tapi mengurangi beban. “Tapi harus disederhanakan saja, misal pembuatan RPP masih berjalan dan simpel saja. Kemudian pembuatan laporan juga masih dibutuhkan untuk para guru, hanya sekadarnya saja yang dikurangi,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →