Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Renovasi Fungsi Gedung Juang 45 Pati Diresmikan Malam Ini



Reporter:    /  @ 18:00:02  /  21 Maret 2017

    Print       Email

Gedung Juang 45 Pati yang selesai direnovasi bangunan dan fungsinya dengan penambahan empat pilar berwarna putih. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Gedung juang 45 yang terletak di Jalan Diponegoro Pati akan direnovasi fungsinya. Peresmian renovasi fungsi Gedung Juang 45 akan dilakukan Selasa (21/3/2017) malam ini.

Dalam peresmiannya, Kodim 0718/Pati juga mengadakan soft opening pameran yang menampilkan mahakarya masyarakat Pati. Salah satunya, pameran lukis karya warga Pati, kreativitas bonsai dan Suiseki, produk kopi dengan aksi baristanya, ragam kuliner, dan karya fotografi.

“Ada juga pemutaran film dokumenter perjuangan. Hal itu menjadi cerminan bahwa kita sebagai generasi penerus bangsa punya tanggung jawab untuk mengisi kegiatan positif yang bisa dibanggakan,” kata Dandim 0718/Pati Letkol Inf Andri Amijaya Kusuma.

Pihaknya mengajak masyarakat Pati untuk menjadikan momen tersebut sebagai sarana interaktif, edukatif, dan inspiratif. Dia juga mengajak kepada masyarakat Pati untuk tidak lupa dengan perjuangan para pendahulu bangsa yang telah membukakan pintu kemerdekaan.

“Dulu, Gedung Juang 45 digunakan para pejuang sebagai camp untuk merumuskan strategi perang dalam mengusir penjajah di Pati. Dalam perjalanannya, Gedung Juang sebatas digunakan sebagai pertemuan para veteran. Padahal, nilai historisitasnya sangat tinggi sehingga perlu dinikmati masyarakat bersama,” tuturnya.

Tidak ada perubahan signifikan dalam pemugaran Gedung Juang 45. Hanya saja, sejumlah titik bangunan yang rusak diperbaiki dan penambahan empat pilar putih di bagian barat.

Dengan pemugaran yang disesuaikan dengan fungsinya tersebut, Gedung Juang 45 saat ini bisa menjadi salah satu destinasi wisata sejarah di Kabupaten Pati. Pada bagian depan, puluhan warung siap memanjakan pengunjung dengan aneka kuliner khas Pati.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →