Pertumbuhan Ekonomi Pati Kalahkan Kudus

Bupati Pati Haryanto menyatakan pertumbuhan ekonomi di Pati lebih tinggi ketimbang Kudus. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Pati meningkat tajam. Bahkan, pertumbuhan ekonomi di Pati mengalahkan Kota Kretek, Kudus. Hal itu disampaikan Bupati Pati Haryanto, Senin (20/3/2017).

“Angka pertumbuhan ekonomi di Pati mencapai 5,98 persen dan Kudus 4,6 persen. Meski Kudus industrinya cukup banyak, tetapi pertumbuhan ekonominya stagnan. Berbeda dengan Pati, pertumbuhannya bagus sehingga patut diapresiasi,” ujar Haryanto.

Tak hanya unggul dari Kudus, pertumbuhan ekonomi Pati diakui paling tinggi di wilayah Karesidenan Pati, yakni Jepara, Rembang, Blora, dan Grobogan. Menurut Haryanto, salah satu yang membuat pertumbuhan ekonomi di Pati berkembang pesat adalah peluang investasi yang baik.

Pemkab Pati menyambut baik investor yang ingin berinvestasi di Bumi Mina Tani. Investasi yang baik berdampak pada tenaga kerja, pengurangan penangguran, serta peluang usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang semakin baik.

Selain pertumbuhan ekonomi paling tinggi di eks-Karesidenan Pati, angka kemiskinan di Pati juga turun drastis dari 13,7 persen menjadi 10 persen. Angka pengangguran juga turun drastis dari 13,6 persen menjadi 4,7 persen.

“Peluang investasi di Pati memang kami tangkap dengan baik. Selama investasi itu sejalan dengan kebijakan pemerintah yang bertumpu kepada kesejahteraan masyarakat, kami tidak bisa menolaknya. Kita bisa lihat imbasnya, pengangguran dan kemiskinan menurun, ekonomi terus mengalami pertumbuhan,” tandasnya.

Editor : Kholistiono