Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Kemenag Rembang Pantau Biro Perjalanan Umrah



Reporter:    /  @ 10:30:30  /  19 Maret 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Rembang – Kementerian Agama (Kemenag) Rembang memantau dan mengevaluasi agen biro perjalanan atau travel haji dan umrah yang ada di daerah ini. Tujuannya agar masyarakat tidak dirugikan oleh biro haji dan umrah yang nakal.

“Sekarang banyak biro perjalanan haji dan umrah sehingga keberadaannya harus terus dipantau. Terus terang, selama ini kita memang tidak bisa ikut serta memberikan pemantauan jemaah umrah yang berangkat melalui biro perjalanan. Karena selama ini tak ada aturan untuk meminta rekomendasi dari Kemenag terkait jemaah yang berangkat umrah. Tahun ini, hal rekomendasi itu harus ada,” ujar Kasi Penyelenggara Haji dan Umrah Kemenag Rembang Shalehuddin mengatakan,

Dirinya menegaskan, pemantauan dan pengawasan makin penting artinya karena pada sekarang ini banyak calon jemaah haji dan umrah ingin beribadah ke tanah suci yang pemberangkatannya melalui travel.”Jadi biro perjalanan haji dan umrah harus selalu dipantau sehingga keberadaanya benar-benar resmi,” kata dia.

Menurut dia, jangan sampai nantinya calon jemaah haji plus dan umrah terlantar akibat menggunakan biro perjalanan tidak jelas. Oleh karena itu pemantauan sekaligus mengevaluasi biro perjalanan haji dan umrah itu penting supaya masyarakat tidak tertipu.

Hal ini juga untuk mengantisipasi adanya oknum yang memanfaatkan biro perjalanan umrah, untuk kepentingan lainnya. Seperti halnya untuk tujuan menjadi TKI.

“Dengan adanya peran Kemenag dalam hal ini, kita juga bisa ikut memantau jemaah, jika terjadi sesuatu di Tanah Suci. Misalkan saja, beberapa waktu lalu ada jemaah umrah dari Rembang yang tersangkut kasus di Makkah dengan dugaan melakukan asusila, kami tidak bisa berbuat apa-apa. Maka, dengan kebijakan baru ini, kita harapkan hal seperti ini, pihak Kemenag bisa terlibat,” katanya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →