Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

21 Pejabat Daftar Seleksi Terbuka Jabatan Eslon II Grobogan



Reporter:    /  @ 10:50:24  /  18 Maret 2017

    Print       Email

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Grobogan – Bursa seleksi terbuka atau lelang jabatan eselon eselon II di lingkup Pemkab Grobogan akhirnya ramai peminat. Pada batas terakhir pendaftaran pada Jumat (17/3/2017) kemarin, tercatat ada 21 orang yang memasukkan berkas lamaran.

Sebagian besar pelamar memasukkan berkas di kantor Badan Kepegawaian, Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Grobogan pada hari terakhir. Sebab, hingga Selasa (14/3/2017), jumlah pendaftar lelang jabatan baru ada 3 orang saja.

“Dua hari terakhir sebelum batas akhir pendaftaran memang banyak yang memasukkan berkas lamaran. Pengalaman di daerah lain, pendaftar lelang jabatan biasanya baru memasukkan lamaran menjelang masa penutupan,” kata Kepala BKPPD Grobogan Suhadi didampingi Kasubid Formasi Pengadaan dan Pendataan Fery Yudatama di Grobogan, Sabtu (18/3/2017). 

Seperti diberitakan, lelang jabatan atau seleksi terbuka diperuntukkan untuk posisi Sekretaris daerah (Sekda) dan dua kepala dinas. Masing-masing, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdanganan (Disperindag) dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Saat ini, posisi sekda serta kadinas definitif masih kosong dan hanya dijabat oleh seorang pelaksana tugas.

Menurut Suhadi, dari 21 pelamar tersebut, 6 di antaranya melamar posisi sekda. Pelamar jabatan sekda ini semuanya merupakan pejabat dari Grobogan. Kemudian, pelamar untuk posisi Kepala Bappeda ada 7 orang, dan 15 orang melamar Kepala Disperindag.

Setelah pendaftaran ditutup, berkas pelamar selanjutnya diserahkan pada panitia seleksi (Pansel) yang sebelumnya sudah terbentuk. Sesuai tahapan, pansel akan melakukan seleksi administrasi dan hasilnya akan langsung diumumkan hari ini, Sabtu (18/3/2017). Bagi pelamar yang lolos administrasi akan mengikuti tes asesmen pada Senin (20/3/2017) lusa.

Suhadi menyatakan, lelang jabatan tersebut baru kali pertama diterapkan menyusul adanya UU ASN. Adapun dasar seleksi terbuka yakni Peraturan Menpan dan RB 13/2014 dan surat Ketua Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) tanggal 23 Februari 2017 nomor B-59/KASN/2/2017 tentang rekomendasi seleksi terbuka.

Untuk seleksi terbuka itu sudah terbentuk panitia seleksi (Pansel). Panitia seleksi terdiri atas Kantor Regional I Badan Kepagawaian Nasional (BKN) Yogyakarta, akademisi Universitas Gajahmada Yogyakarta, Badan Kepegawaian Negara (BKN) Pusat, dan Badan Kepegawaian Daerah Provinsi Jateng.

“Jadi satu pansel ini bekerja untuk seleksi sekda dan dua kadinas. Hal ini biar efektif dan efisien. Sengaja kita tidak melibatkan tim dari Pemkab Grobogan agar panitia seleksi dapat bekerja secara independen,” sambungnya.

Editor : Akrom Hazami 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →