Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jejak Saridin di Perbukitan Gunung Kendeng



Reporter:    /  @ 11:35:11  /  15 Maret 2017

    Print       Email

Situs Tunggak Durensawit yang diyakini sebagai peninggalan Saridin di kawasan perbukitan Gunung Kendeng, Pati. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Saridin atau Syeh Jangkung merupakan tokoh legendaris yang ceritanya ramai diulas dari cerita tutur hingga ketoprak. Literasi tentang Saridin masih sangat minim, kendati kisahnya tak pernah dilupakan dari ingatan masyarakat Pati.

Salah satu kisah Saridin yang menarik, saat ia mendapatkan warisan dari orang tuanya berupa satu pohon durian. Satu pohon diberikan kepada Saridin dan kakak iparnya, Branjung.

“Kalau durian jatuh pada malam hari, itu bagian Saridin. Jika jatuhnya siang hari, bagian Branjung. Namun, durian ternyata banyak yang jatuh malam hari. Muncul niat jahat Branjung untuk mencuri durian yang jatuh pada malam hari,” ungkap Krisno, tokoh setempat, Rabu (15/3/2017).

Kala itu, Branjung mencuri durian pada malam hari dengan mengenakan pakaian kulit bercorak macan. Tujuannya untuk menakuti Saridin. Namun, Saridin tidak takut dan justru menombak sosok yang dikira macan tersebut menggunakan bambu runcing.

Nahas, sosok yang dikira macan adalah Branjung, kakak iparnya sendiri. Saridin akhirnya menjadi terpidana dan dipenjara di Kadipaten Pati. Pohon durian warisan Saridin dan Branjung itulah yang diduga berada di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati.

Situs tersebut terletak di kawasan perbukitan Pegunungan Kendeng dan ramai didatangi pengunjung dari luar daerah. “Desa Durensawit sendiri diambil dari duren sak wit, dalam bahasa Indonesia, durian satu pohon. Bukan duren dan tanaman sawit,” kata Krisno.

Hanya saja, bekas tunggak tanaman durian tersebut diakui sudah hilang. Saat ini, bekas tanaman durian peninggalan Saridin diapit dua pohon besar, dekat tempat pemakaman umum (TPU).

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →