Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Antisipasi Korupsi, E-Planning Akan Segera Diterapkan di Pati



Reporter:    /  @ 08:00:42  /  15 Maret 2017

    Print       Email

Pemkab Pati membahas rencana penerapan e-planning pada 2018. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pati saat ini mulai konsen pada program keterbukaan informasi untuk mengantisipasi kemungkinan adanya tindak pidana korupsi. Hal itu yang membuat Pemkab Pati akan menerapkan e-planning pada 2018 mendatang.

“Perencanaan berbasis teknologi informasi ini akan dilakukan pada 2018. Sebab, tahun ini kami fokus pada perencanaan untuk mempersiapkan e-planning,” ujar Bupati Pati Haryanto.

Tahun ini, Pemkab Pati masih menggunakan sistem manual dalam merencanakan pembangunan daerah yang dilakukan Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (BPBD) dan Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD). Sistem manual akan segera diubah menjadi e-planning, sehingga eksekutif, legislatif dan masyarakat bisa mengetahui perencanaan pembangunan di Pati.

“Perencanaan pembangunan secara online bisa mencegah adanya upaya tindak pidana korupsi dan human error, sehingga tidak ada lagi kesalahan dalam hal jumlah maupun pengurutan lewat sistem komputerisasi. E-planning juga bisa mengantisipasi penumpang gelap dalam penyusunan rencana APBD,” ucap Haryanto.

Dengan digitalisasi sistem perencanaan pembangunan tersebut, dia berharap perangkat daerah bisa bekerja sesuai dengan tugas, pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing. Pasalnya, perencanaan yang tidak sesuai akan diberikan kepada perangkat daerah lainnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Perencanaan Pengendalian dan Evaluasi Bappeda Pati Masirin menuturkan, implementasi e-planning masih dalam tahap uji coba. Pada 2018, e-planning akan mulai dilaksanakan untuk mendukung program jangka menengah daerah (RPJMD) untuk lima tahun ke depan, dari 2018 hingga 2022.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →