Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini
INFO DPRD KUDUS

Komisi A Dapat Ilmu Jika Ingin Pilkada Kudus Aman, Maka Perlu Netralitas PNS



Reporter:    /  @ 13:00:03  /  14 Maret 2017

    Print       Email

Anggota DPRD Kudus saat tengah melakukan kunjungan kerja. (Istimewa)

MuriaNewsCom, Kudus – Sebentar lagi, Kabupaten Kudus bakal melaksanakan gawe besar, yakni Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), yang akan berlangsung pada 2018 mendatang.

Guna memastikan pelaksanaan pilkada nantinya akan aman, Komisi A DPRD Kudus melakukan studi banding ke Kabupaten Batang. Pasalnya, daerah tersebut dianggap sukses melaksanakan pilkada.

”Kita kan, melihat Kabupaten Batang itu bisa melaksanakan pilkada dengan damai dan tanpa ekses. Ini yang kami apresiasi, sehingga kami perlu belajar ke Batang untuk mengetahui rahasianya,” papar Ketua Komisi A DPRD Kudus Mardijanto.

Komisi A sendiri, menurut Mardijanto, ingin sekali mendapatkan ilmu dari Kabupaten Batang, terkait pelaksanakan pilkada yang aman dan damai. Sehingga ke depan, yakni tahun 2018 mendatang, Pilkada Kudus juga bisa berjalan damai dan kondusif.

”Ini akan menjadi referensi kami, dalam pelaksanaan pilkada mendatang di Kudus. Sehingga juga bisa sukses melaksanakan pilkada dengan baik. Karena itu yang kami inginkan semua,” jelas Mardijanto.

Studi banding ini sendiri, sudah dilaksanakan beberapa waktu lalu. Di Batang, rombongan ditemui Wakil Ketua DPRD Batang Nur Untung Slamet, Ketua Panwaskab Mizan Sya’roni, Kepala Kantor Kes Kesbangpol Batang Agung Wisnu Barata mewakili Plt Bupati Nasikhin, dan anggota KPU Batang Divisi Teknis Gunadi Fitriyanto.

Menurut Kepala Kantor Kesbangpol Batang Agung Wisnu Barata, keberhasilan Pilkada Batang karena adanya kerja sama semua elemen. Baik KPU, Panwas, Pemkab Batang, Desk Pilkada, kalangan intelejen, maupun berbagai elemen lain. ”Kuncinya, ketika terdapat permasalahan, diselesaikan melalui pertemuan bersama,” katanya.

Di samping itu, menurut Agung, netralitas aparatur sipil negara (ASN) juga merupakan salah satu faktor penting, dalam kesuksesan pelaksanaan pilkada di Kabupaten Batang. ”Hal itu juga menentukan sekali soal netralitas ASN,” tegasnya.

Sedangkan anggota KPU Divisi Teknis Gunadi Fitriyanto menjelaskan, semua tahapan Pilkada 2017 sudah dilalui. Tahapan pilkada dan pengelolaan anggaran menjadi faktor penting dalam kesuksesan hajat politik lima tahunan ini. (NAP)

Editor: Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →