Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

15 Tahun Jadi Pengemis, Yanto Bertekad untuk Berubah dan Punya Usaha Sendiri



Reporter:    /  @ 14:49:01  /  13 Maret 2017

    Print       Email

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Rembang – Yanto (40) warga Doro Kandang, Kecamatan Lasem, Rembang, sudah 15 tahun ini menjadi seorang pengemis. Salah satu alasannya melakoni sebagai peminta-minta tersebut karena keterbatasan fisik. Kedua tangan dan kakinya sudah cacat sejak lahir.

Setiap hari, dirinya pulang pergi Rembang-Kudus untuk menjalani aktivitas ini. Yanto biasa mangkal di Pasar Kliwon Kudus. “Saya biasanya dari rumah pukul 04.30 WIB dan kemudian naik bus. Sampai di Kudus sekitar pukul 06.30 WIB dan balik lagi ke rumah sekitar pukul 16.00 WIB,” ujarnya.

Dari hasil mengemis ini, Yanto biasanya mendapatkan uang sekitar Rp 80 ribu. Uang sebanyak itu digunakan untuk makan dan ongkos transportasi sekitar Rp 50 ribu. Kemudian, sisanya Rp 30 ribu ditabung dan dikasih kepada ibu tirinya, yang kini dalam kondisi sakit, semenjak bapaknya meninggal sekitar setahun lalu.

Yanto, kini punya keinginan untuk bisa berubah, tak lagi mengemis setiap hari. Untuk itu, dirinya mulai menabung sebagian uang dari hasil mengemis tersebut, meskipun tidak banyak. “Sebenarnya saya juga ingin berubah, ingin beralih ke pekerjaan lain. Namun, saya sadar fisik saya tidak mumpuni untuk bekerja berat. Namun tetap, saya ingin meninggalkan dari mengemis ini. Saya ingin punya usaha atau bekerja yang lainnya,” ungkapnya.

Saat ini, ia mulai menabung di koperasi. Dia enggan untuk memilih menabung di bank, karena, dirinya merasa minder dan malu dengan kondisi fisiknya jika pergi ke bank. “Kebetulan, tetangga saya kan ada yang bekerja di koperasi, jadi untuk menabungnya, uang saya bisa diambil ke rumah. Saya malu kalau ke bank,” imbuhnya.

Dirinya berharap, uang yang ditabung tersebut bisa terkumpul dan bisa buat modal untuk membuka usaha. Sehingga, nantinya tidak lagi mengemis setiap hari.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →