Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

2018, TPA Landoh Rembang Bakal Diperlebar



Reporter:    /  @ 10:00:00  /  12 Maret 2017

    Print       Email

Tampak alat berat sedang membuat kolam sementara untuk resapan air sampah di TPA Landoh. Rencananya, TPA Landoh ini bakal diperluas. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Luasan tempat pembuangan akhir (TPA) di Desa Landoh, Kecamatan Sulang,  kini tidak memungkinkan lagi untuk menampung sampah. Untuk itu, rencana penambahan lahanpun sudah diwacanakan.

Andreas Edy G, Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbahaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup (LH) Rembang mengatakan, luasan TPA Landoh ini sekitar 3 hektare. Rencananya, untuk 2018 mendatang akan diperluas.

“Untuk penambahan lahannya ada sekitaran 2 hektare. Dan itupun harus melalui pembebasan lahan warga yang ada di sebelah timur TPA ini,” katanya.

Ia katakan, setiap harinya TPA Landoh ini menampung sampah sebanyak 6 hingga 10 truk sampah. Baik dari daerah Rembang kota maupun sekitarnya. “Wilayah Rembang yang begitu luas, maka setoran sampah yang ditempatkan di TPA ini secara otomatis dapat tidak terkendalikan lagi,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, terkati anggaran perluasan lahan, hal tersebut akan dikoordinasikan terlebih dahulu kepada instansi terkait. Sebab, pihak Dinas LH menangani sampah, baru di tahun ini. “Inikan masih masa transisi. Sebab penanganan TPA sebelumnya kan dipegang oleh DPU. Oleh sebab itu, kalau mengenai TPA atau persampahan ini juga harus cermat dan tepat,” paparnya.

Dengan adanya penambahan lahan tersebut, pihaknya berharap supaya penanganan sampah di Rembang bisa maksimal.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →