Loading...
You are here:  Home  >  Regional  >  Grobogan  >  Artikel ini

Malam Ini, Dalang Muda Asal Solo Bakal Pentas Wayang Kulit di Halaman Setda Grobogan



Reporter:    /  @ 17:00:19  /  11 Maret 2017

    Print       Email

Panggung untuk pagelaran wayang kulit malam ini sudah didirikan di halaman Setda Grobogan. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom,Grobogan – Pemkab Grobogan kembali menggelar pentas hiburan dalam rangka menyemarakkan HUT ke-291 Kabupaten Grobogan yang jatuh pada 4 Maret lalu.

Hiburan terbaru akan digelar Sabtu (11/3/2017) malam di halaman Setda Grobogan. Yakni, pagelaran wayang kulit semalam suntuk. Sehari sebelumnya, sudah digelar pentas ketoprak di lokasi yang sama.

Pagelaran wayang kulit rencananya akan mulai pukul 21.00 WIB nanti dengan lakon “Sirnaning Angkara Murka”. Pagelaran wayang kulit akan menampilkan dalang Ki Bayu Aji Pamungkas yang merupakan putra dalang kondang Ki Anom Suroto.

Pagelaran wayang kulit itu merupakan puncak acara menyemarakkan Hari Jadi Grobogan. Sebelumnya, sudah banyak rangkaian acara yang digelar. Seperti, lomba-lomba, karnaval, malam tirakatan, tabur bunga dan upacara bendera.

“Seluruh unsur FKPD Grobogan kita undang untuk menyaksikan pagelaran wayang kulit. Acara ini terbuka dan bisa dinikmati oleh masyarakat umum. Bagi penggemar wayang kulit silakan hadir nanti malam,” ungkap Kabid Kebudayaan Disporabudpar Grobogan Marwoto.

Marwoto menyatakan, sejauh ini, animo warga untuk menyaksikan pagelaran kesenian tradisional itu masih cukup tinggi. Terbukti, dalam setiap pentas rutin itu masih ada ratusan warga yang datang menyaksikan pagelaran wayang hingga usai. Seperti saat pagelaran wayang kulit setiap malam Jumat Kliwon di Pendapa kabupaten.

“Pagelaran wayang seperti ini memang perlu kita lestarikan. Terutama pada generasi muda agar tahu kalau kita punya kesenian tradisional yang luar biasa,” ujarnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →