Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Ini Cara Cerdas Tangani Longsor di Rahtawu Kudus



Reporter:    /  @ 08:00:04  /  9 Maret 2017

    Print       Email

Warga melintasi jalan di lokasi longsor di Dukuh Semliro, Rahtawu, Gebog, Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Longsoran yang menimpa Desa Rahtawu Kecamatan Gebog, disebabkan oleh air yang menggerus tanah. Hal itu diungkapkan Kadinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Kudus Sam’ani Intakoris.

“Hujan deras membuat air masuk dan tertahan di tanah karena tidak ada pembuang. Jadi longsor terjadi di sana. Terutama saat hujan deras,” kata Sam’ani di Kudus, Rabu (8/3/2017).

Di kawasan tersebut, struktur tanahnya memang labil atau mudah bergerak. Hal itu juga yang mempengaruhi seringnya longsor. Kendati demikian, longsor di lokasi itu tetap bisa ditangani. Hanya memang butuh kerja sama satu sama lain.

“Kalau ditanggul bisa, namun membutuhkan biaya yang sangat banyak. Cara paling mudah yaitu mencarikan jalan air, jadi air tidak tertahan di tanah melainkan langsung keluar dan masuk saluran,” ujarnya.

Hanya, untuk penanganan semacam itu butuh kerja sama dengan masyarakat. Karena tanah kebanyakan milik warga. Susahnya tidak semua warga mau jika tanahnya diutak-atik oleh pemerintah atau pihak luar.

Soal jalan, kata dia, bakal segera ditangani oleh pemerintah. Pembiayaan menggunakan biaya rutin yang dimiliki oleh instansi tersebut. Hal itu lebih mudah dan cepat ketimbang melalui proses pengajuan.

“Kalau pengajuan lewat APBD cukup lama. Apalagi itu jalan kabupaten menjadi tanggung jawab pemerintah kabupaten untuk memelihara. Selain itu juga jalan juga menjadi akses satu-satunya warga yang berada di sana,” ungkapnya.

Dia memperkirakan, akibat dari kerusakan tersebut memerlukan biaya yang tidak sedikit.

Editor : Akrom Hazami

 

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →