Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Menguak Jejak Empu Supo di Kabupaten Pati



Reporter:    /  @ 16:48:53  /  8 Maret 2017

    Print       Email

Krisno, penduduk setempat melihat batu yang diyakini sebagai petilasan Empu Supo dalam membuat keris pada abad ke-15. (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Empu Supo merupakan ahli keris legendaris dari Kerajaan Majapahit. Ia hidup pada abad sekitar 15 Masehi, suami Dewi Rasawulan, adik Sunan Kalijaga.

Jejak peninggalan Empu Supo diyakini ada di kawasan hutan Pegunungan Kendeng, tepatnya di Desa Durensawit, Kecamatan Kayen, Pati. Di sana, ada peninggalan berupa tempat untuk membuat keris.

Satu meter dari sebuah batu yang diyakini tempat membuat keris, ada sumur dangkal dengan sumber mata air yang tidak pernah habis. Sumur tersebut diyakini digunakan Empu Supo untuk mencelupkan keris, usai membentuknya di pengapian.

“Masyarakat yakin, kawasan ini pernah ditempati Empu Supo saat membuat keris. Di sini, masyarakat setempat dan luar daerah terkadang menggelar hajatan. Peninggalan Empu Supo ini menjadi punden bagi warga sekitar,” ungkap pegiat sejarah, Krisno, Selasa (7/3/2017).

Menurutnya, bukti itu diperkuat dengan adanya batu tatakan keris dan batu untuk mengasah keris. Kedua batu itu terletak satu meter dengan sumur yang digunakan untuk mencelupkan keris, setelah dipanaskan menggunakan api.

Yang mengherankan, lanjut Krisno, banyak pengunjung dari Jawa Timur yang melakukan ritual di tempat tersebut pada malam hari. “Setiap malam Jumat dan Senin Wage banyak yang datang ke sini. Tak hanya dari Pati sendiri, tapi juga dari Ngawi, Bojonegoro, Magetan, Madiun, dan sebagainya,” kata Krisno.

Setiap sedekah bumi, penduduk setempat membawa sesaji di tempat tersebut dengan kenduri bersama. Mereka berdoa kepada Tuhan di situs tersebut, berharap agar diberi keselamatan dan panen dari hasil pertanian bisa melimpah.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →