Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Dinas LH Rembang Belum Sediakan Dana Kompensasi untuk Warga Terdampak Limbah Resapan Sampah TPA Landoh



Reporter:    /  @ 14:00:08  /  8 Maret 2017

    Print       Email

Pengurasan kolam penampungan air resapan sampah di TPA Landoh Sulang berlanjut, Selasa (7/3/2017) pagi.(MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Andreas Edy G, Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup (LH) Rembang, menegaskan, jika pihaknya belum menyediakan dana kompensasi bagi warga yang terdampak limbah dari air resapan sampah di TPA Landoh, Kecamatan Sulang.

Karena, hingga saat ini belum ada warga yang melapor, baik secara lisan maupun tulisan terkait limbah dari air resapan sampah di TPA Landoh yang mencemari sumur. “Gimana mau menyediakan, lha itu belum ada laporan ke LH mengenai air resapan sampah ini. Apakah memang benar-benar mengganggu warga atau gimana. Kalaupun ada laporan, kita juga akan menganalisa terlebih dahulu,” ungkapnya.

Menurutnya, analisa tersebut diperlukan untuk mengetahui apakah sumur warga tersebut tercemar limbah dari air resapan sampah TPA atau justru tercemar dari sumber lainnya. Dengan begitu, hasilnya bisa diketahui secara transparan.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, puluhan warga Desa Landoh, Kecamatan Sulang, Kabupaten Rembang diduga terkena dampak limbah air resapan sampah dari bak penampungan TPA Landoh, rencananya bakal mengadu ke Dinas Lingkungan Hidup (LH) Rembang.

Mirin, salah seorang warga Desa Landoh mengatakan, dengan mengadu ke Dinas LH, diharapkan pengurasan terhadap bak penampungan air resapan sampah segera dilakukan. “Kami juga akan minta kejelasan dari Dinas LH soal kondisi air sumur warga yang tercemar air resapan sampah tersebut,” katanya.

Lebih lanjut, ia mengatakan, setidaknya ada 40 warga yang terdampak limbah air resapan sampah tersebut. “Kami juga akan meminta kejelasan, apakah warga yang terdampak ini nantinya dapat ganti rugi atau tidak, atau seperti apa,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →