Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Usulan Perda Penanggulangan Bencana Didukung DPRD Kudus



Reporter:    /  @ 14:06:50  /  7 Maret 2017

    Print       Email

Warga melakukan pembenahan penanggulangan bencana di Kabupaten Kudus. (MuriaNewsCom)

MuriaNewsCom, Kudus – Sampai saat ini, Kabupaten Kudus belum memiliki Peraturan Daerah (Perda) Penanggulangan Bencana. Karenanya, muncul usulan adanya perda tersebut.

Salah satunya adalah Komisi D DPRD Kudus. Mereka mendukung usulan agar Kabupaten Kudus segera memiliki Perda Penanggulangan Bencana.

Seperti disampaikan Ketua Komisi D Mukhasiron. Pihakya mendorong agar eksekutif segera merampungkan penyusunan draft Rencana Pertauran daerah (Raperda) tentang Penanggulangan Bencana.

“Raperda Penanggulangan Bencana sudah masuk dalam program legislasi daerah (Prolegda) 2017. Raperda itu diusulkan oleh eksekutif,” kata Mukhasirono di Kudus, Selasa (7/3/2017).

Hal itu tak lepas dari potensi bencana di kabupaten setempat yang rutin terjadi setiap tahun. Misalnya, banjir, longsor, dan angin kencang.

Termasuk juga perlu adanya standar operasional prosedur (SOP) yang spesifik dalam penanggulangan bencana di daerah setempat. Dengan adanya SOP yang diatur dalam perda, maka kerja penanggulangan bencana lebih spesifik dan terstruktur.

Diketahui, Raperda Penanggulangan Bencana diusulkan oleh eksekutif, bersama18 raperda lainnya. Mukhasiron berharap penyusunan draft raperda dikebut, dan dikirim ke DPRD. Sehingga bisa dibahas dan disahkan tahun ini juga.

Dia mencontohkan pentingnya SOP, ratusan korban angin puting beliung di Desa Honggosoco, Jekulo, hingga kini masih kesulitan mengakses bantuan genting, semen, dan batu bata. Sejauh ini, warga hanya berharap bantuan dari pihak ketiga.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →