Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Tahun Ini Duta Pariwisata Kudus Dilaksanakan, Berikut Syaratnya



Reporter:    /  @ 11:30:50  /  7 Maret 2017

    Print       Email

Pagelaran Duta Wisata di Kabupaten Kudus, beberapa waktu lalu. (ISTIMEWA)

MuriaNewsCom, Kudus – Pemilihan Mas Mbak Duta Pariwisata Kudus, akan diselenggarakan pemkab setempat, tahun ini. Pelaksanaan Duta Wisata tidak diselenggarakan pada tahun lalu.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kudus Yuli Kasianto mengatakan, Duta Pariwisata bakal diselenggarakan pada April mendatang. Pada tahun ini, Pemkab Kudus membuat kriteria khusus untuk pendaftaran Duta Wisata.

“Kalau sebelumnya warga luar Kudus boleh, khususnya mahasiswa, maka tahun ini tidak. Peserta Duta Wisata Kudus harus benar-benar warga Kudus,” kata Yuli di Kudus, Selasa (7/3/2017).

Itu jadi syarat mutlak yang harus dipenuhi. Pihaknya tak mau warga luar mewakili Kudus. Untuk itu syarat dalam mendaftar harus menyertakan KTP yang berlaku ke kantor Disbudpar Kudus. Pendaftaran dibuka mulai 6 Maret dan ditutup 27 Maret mendatang.

Pihaknya mengatakan, selain administrasi jenis KTP, syarat lain juga tinggi badan sesuai persyaratan. Untuk laki-laki memiliki tinggi badan minimal 170 cm. Sedangkan perempuan minimal 165 cm. Mengenai jenjang pendidikan, kata Yuli, minimal jenjang SMA. Namun melihat syarat yang diberikan lebih spesifik yaitu KTP, maka tidak semua siswa bisa mengikutinya. Dengan demikian, besar kemungkinan yang bakal mengikuti adalah para mahasiswa.

“Kalau mahasiswa malah lebih matang. Untuk itu kami mengutamakan para mahasiswa yang mengikutinya pada tahun ini,” ujarnya.

Sama halnya seperti pemilihan sebelumnya, pada pemilihan nantinya juga akan dilakukan serangkaian tes yang harus dilewati. Di antaranya, adalah tes wawancara meliputi Bahasa Inggris, Bahasa Jawa, kebudayaan dan juga psikologi. Bagi yang lolos bakal melaju ke penampilan panggung di ajang grand final. 

Grand final bakal dilaksanakan 13 April mendatang. Rencananya dilakukan di Pendapa Kabupaten Kudus.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →