Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Jika Tak Hujan, Butuh 5 Hari untuk Kuras Kolam Penampungan Air Resapan Sampah di TPA Landoh



Reporter:    /  @ 16:05:09  /  6 Maret 2017

    Print       Email

Proses pengurasan kolam penampungan air resapan sampah yang berada di TPA Landoh, Kecamatan Sulang. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Proses pengurasan kolam penampungan air resapan sampah dari tempat penampungan akhir (TPA) Landoh, Kecamatan Sulang, saat ini sedang dilakukan. Hal tersebut menyusul banyaknya protes warga, karena air limbah tersebut sudah meluap dan mencemari sumur warga.

Andreas Edy G, Kabid Pengelolaan Sampah Limbah Bahan Berbaya Beracun dan Peningkatan Kapasitas pada Dinas Lingkungan Hidup (LH) Rembang mengatakan, pengurasan kolam tersebut diperkirakan memakan waktu lima hari.

“Ada sebanyak empat kolam yang kita kuras, dan diperkirakan memakan waktu lima hari. Itupun kalau tidak hujan, kalau hujan turun ya bisa lebih lama. Untuk pengurasan sendiri, kita mengerahkan alat berat dan pompa air,” ujarnya.

Dirinya berharap, ketika proses pengurasan ini, cuaca bisa cerah, sehingga berjalan lancar. Sebab, pekan lalu, air kolam sempat meluber. Dalam pengurasan itu, air yang ada di kolam disedot untuk dinaikan ke area TPA supaya bisa meresap. Dan untuk lumpurnya ditempatkan di area lahan pjnggir TPA.

Menurutnya, pengurasan terhadap kolam penampungan air resapan sampah tersebut, terakhir kali dilakukan pada 2011 lalu. Ketika itu, kewenangannya masih di tangan Dinas Pekerjaan Umum (PU).

Editor : Kholistiono

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →