Loading...
You are here:  Home  >  Headlines  >  Artikel ini

Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria, Buku Mahasiswa STAIN Kudus yang Ingin Diborong Bupati



Reporter:    /  @ 13:30:45  /  2 Maret 2017

    Print       Email


Pengunjung memegang buku Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria di STAIN Kudus, Kamis. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Bupati Kudus Musthofa menjadi narasumber dalam bedah buku Mitologi Ritual Budaya Kaki Muria. Dalam pemaparannya, Bupati berencana memborong buku karya mahasiswa Muhammad Farid, dkk itu.

Bupati melihat, buku tersebut diangap sebagai konten yang apik. Di dalam buku itu merupakan rekaman budaya dan tradisi yang terdapat di Kudus. Menurutnya, buku itu patut dijadikan sebuah cindera mata bagi warga Kudus maupun luar daerah.

“Saya melihat potensi besar dalam buku ini. Misalnya saja dalam kegiatan Sewu Kupat di Colo. Buku ini bisa menjadi cindera mata bagi para pengunjung nanti,” kata dia saat memaparkan materi bedah buku di STAIN Kudus, Kamis (2/3/2017).

Bupati menceritakan, Sewu Kupat dibuat saat dia menjadi bupati. Saat itu, dia melihat acara Kupatan hanya dilaksanakan di Bulusan saja. Padahal, potensi lain tempat juga ada, sehingga dibuatlah acara Sewu Kupat.

“Dalam buku juga menjelaskan tentang  tradisi Kudus. Insya Allah semuanya pernah saya datangi, seperti Ampyang Maulid di Loram, kirab Tebokan di Kaliputu dan budaya lain di Kudus,” ujarnya 

Tentang sampul buku, bupati juga menyinggung kalau itu sangat menjual.  Dengan bentuk gambar tumpeng yang melambangkan Jawa, kata dia,  itu amat pas dengan materi buku. Pemateri lain dalam bedah buku, adalah Saekhan. Dia menjelaskan kalau buku itu merupakan karya mahasiswa STAIN Kudus.

Editor : Akrom Hazami

Komentar

komentar




Artikel terkait lainnya

Nenek Gantung Diri di Ngembak Grobogan Tewas, Ini Penyebabnya

Selengkapnya →