Pengurus Baru PMI Rembang Dilantik, Bayu Jabat Ketua

Pelantikan pengurus PMI Rembang untuk periode 2017-2022. Pelantikan pengurus dan Dewan Kehormatan dilakukan oleh Ketua PMI Jawa Tengah, Imam Triyanto, di Pendopo Museum RA Kartini Rembang, Rabu (1/3/2017). (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Rembang – Bayu Andriyanto yang merupakan Wakil Bupati Rembang, kini juga resmi menjabat sebagai Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Rembang periode 2017-2022. Pelantikan pengurus dan Dewan Kehormatan dilakukan langsung oleh Ketua PMI Jawa Tengah, Imam Triyanto, di Pendopo Museum RA Kartini Rembang, Rabu (1/3/2017).

Imam Triyanto, Ketua PMI Jateng mengatakan, pihaknya memiliki tiga harapan bagi PMI Rembang. Mulai dari kemandirian,peningkatan sumber daya dan pelayanan. “Pertama, bagaimana setelah pelantikan ini, para anggota dapat mengusahakan kemandirian dalam pengelolaan PMI. Untuk mewujudkan hal tersebut, berbagai upaya bisa dilakukan, terutama yang menghasilkan dana tertentu diperbolehkan dalam rangka untuk membiayai program-program organisasi. Meskipun demikian, dukungan dari pemkab maupun DPRD juga masih diperlukan,” katanya.

Menurutnya, peningkatan sumber daya, merupakan kebutuhan vital. Pasalnya mereka merupakan elemen pelaksana tugas-tugas PMI. Tanpa sumber daya yang sesuai, maka apa yang diprogramkan PMI akan menghadapi kesulitan dalam pelaksanaannya.

“Saya meminta pengurus PMI Rembang harus terus berupaya bagaimana meningkatkan pelayanan. Karena pelayanan merupakan suatu tuntutan dari masyarakat,” ungkapnya.

Sementara itu, Bupati Rembang Abdul Hafidz mengatakan, jika hal tersebut cukup mudah.Yang terpenting menurutnya, adalah niat dan misi PMI. Karena, memiliki sumber dana banyak, tidak menjamin kinerja maksimal.

Ia menilai, kehadiran PMI merupakan salah satu elemen pendukung pemkab dalam mengurangi kemiskinan. Dari segi cakupan tugas. “Seharusnya PMI bisa lebih dari menangani masalah bencana dan darah, tetapi juga penanganan orang gila, sebagai unsur memanusiakan manusia,” katanya.

Ketua PMI Rembang terpilih, Bayu Andriyanto menegaskan, jika dirinya siap membawa PMI Rembang menjadi lebih baik dari sebelumnya, termasuk kenetralan semua anggota. Dalam kemanusiaan dan kebaikan PMI Rembang siap berlomba dan cepat tanggap.

“Kesiap-siagaan dan cepat tanggap ini, sangat dibutuhkan masyarakat khususnya mereka yang tertimpa bencana.Saya berharap kepengurusan yang baru ini bisa koordinasi  baik dengan berbagai stakeholder di Kabupaten Rembang ini,”ungkapnya.

Editor : Kholistiono