Tanggul Sungai Piji Pikon Kudus Jebol Ditangani Darurat

Warga bahu membahu melakukan penanganan darurat di tanggul Sungai Piji Pikon yang jebol, Senin. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Tanggul Sungai Piji Pikon Kudus, jebol sejak Minggu (26/2/2017). Tanggul jebol akibat derasnya arus sungai, sejak pagi hingga sore hari.

Melihat tanggul jebol, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus bersama sejumlah tim melakukan kegiatan darurat berupa penambalan tanggul. Tanggul ditambal hanya dengan menggunakan sak, yang diisi dengan tanah uruk.

“Ini merupakan bentuk penanganan darurat yang kami lakukan. Karena menjadi wewenang provinsi, maka kami sifatnya penanganan sementara saja,” kata Kepala BPBD Kudus Bergac C Penanggungan di kota setempat, Senin (27/2/2017).

Penambalan dengan sak bukanlah hal yang mudah. Karena tim juga membutuhkan waktu yang tak sebentar untuk menambal meskipun jumlahnya banyak. Tim tersebut meliputi dari relawan, BPBD, polres dan Kodim 0722 Kudus.

Waktu penambalan dilakukan selama setengah hari mulai dari pagi sekitar jam 08.00 WIB hingga sekitar pukul12.00 WIB. Waktu yang cukup lama itu lantaran tanggul yang jebol banyak. Selain itu juga aliran menghalangi penambalan tanggul.

“Kami ada ratusan sak untuk menambal. Sak kami ambil dari BPBD untuk menangani bencana. Meski hanya sak namun cukup membantu dalam menanggulangi tanggul yang ambrol,” ungkapnya.

Di sepanjang bantaran sungai itu, pihak BPBD memang sangat mewaspadai akan adanya tĂ nggul yang jebol. Selain kondisi tanggul memang sudah tua.

Editor : Akrom Hazami