Sisa Lumpur Banjir Mulai Dibersihkan BPBD Kudus

Petugas BPBD Kudus membersihkan lumpur sisa banjir di  perumahan Tanjung Jati Permai, Kudus, Rabu. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, membantu membersihkan akses jalan di Tanjung Jati Permai, Desa Tanjungkarang, Kecamatan Jati. Petugas membersihkan sisa-sisa lumpur akibat banjir, dengan cara melewati gang demi gang.

Kasi Penanggulangan Bencana pada BPBD Kudus Atok Darmo Broto mengatakan, kedalaman lumpur di sepanjang jalan mencapai sekitar 3 cm. Bahkan ketebalan lumpur di perumahan lebih dari 3 cm.

“Kami membantu warga disini, kebetulan mereka yang sudah meminta kami untuk membantu membersihkan akses jalan dari bekas banjir di sana,” kata Atok di sela-sela membersihkan jalan di perumahan tersebut, Rabu (22/2/2017).

Pihaknya membersihkan lumpur di jalanan menggunakan mobil tangki berisi air milik BPBD. Mobil tangki itu memuat 5 ribu liter.

Air itulah, kata dia, yang dimanfaatkan untuk menyemprot lumpur. BPBD juga menyedot air dari wilayah setempat.  Jika hanya mengandalkan air yang dibawa, tentu tidak cukup.  

Dalam membersihkan lumpur, pihak BPBD menerjunkan 10 petugas. Pembersihan dilakukan hari ini, dimulai sekitar pukul 10.00 WIB hingga selesai. Rencananya, jika ada daerah lain yang mengajukan, pihaknya juga bersedia membantu membersihkannya.

“Kami tidak sendirian. Kami dibantu juga dari sejumlah instansi lainnya. Seperti dari PT Pura Kudus dan juga dari Dinas Perumahan Kudus,” ungkap dia.

Editor : Akrom Hazami