Pembetonan Jalan Mulyoharjo-Ngabul Digelontor Dana Rp 5 Miliar

Pengerjaan pembetonan jalan lingkar Mulyoharjo-Ngabul yang dianggarkan dana sebesar Rp 5 miliar. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Akses jalan lingkar jurusan Mulyoharjo-Ngabul dilakukan pembetonan. Proyek pembetonan jalan kabupaten sepanjang 1.304 meter dengan lebar 244 Cm tersebut, digelontor anggaran sebesar Rp 5 miliar.

Dari pantauan MuriaNewsCom, pekerjaan itu diimulai dari Pertigaan Jalan Ngasirah hingga tikungan di kawasan RT 5 RW 1, Desa Mulyoharjo, Kecamatan Jepara. Sementara itu, pembetonan tersebut tidak terhubung dengan sambungan beton dari arah Ngabul. Jaraknya masih sekitar 37 meter.

Pelaksana proyek di lapangan Muhammad Samroh mengatakan, pekerjaam itu berlangsung mulai 22 Januari lalu. Sementara itu untuk pengerjaan ditargetkan rampung akhir Mei 2017.

“Saat ini baru sekitar 30 persen. Di satu sisi, memang sedikit terkendala cuaca. Begitu hujan, pengerjaan terpaksa harus dihentikan. Meski demikian,kita optimis pekerjaan akan sesuai target. Kami sudah planing pekerjaan. Kalau hujan memang kami hentikan, tapi begitu reda, langsung kami garap lagi,” ungkapnya.

Sementara itu, pembetonan tersebut dilakukan di separuh jalan terlebih dahulu. Sehingga sisi jalan lainnya  dapat difungsikan seperti biasa. ”Jalan tetap kami fungsikan seperti biasa. Karena akses memang tidak boleh ditutup. Kami hanya pasang rambu, bahwa jalan masih dalam proses perbaikan,” katanya.

Peningkatan jalan lingkar Mulyoharjo-Ngabul dilakukan, karena kondisinya rusak parah. Perbaikan menggunakan klinik jalan tidak bertahan lama. Sebagaimana diketahui, jalan tersebut belum setahun dilakukan perbaikan menggunakan klinik jalan. Namun, kondisinya suduh mulai rusak.

Kerusakan makin parah sejak datang musim hujan. ”Setiap hari sering dilewati kendaraan berat akhirnya rusak. Sudah banyak lubang dan kondisi jalan juga bergelombang,” ujar Sri warga RT 5 RW 1 Mulyoharjo.

Editor : Kholistiono