2 Jembatan di Jepara Bakal Dipercantik dengan Ukiran

Proyek pengerjaan pagar jembatan Kali Wiso yang berada di sebelah utara Pendapa Kabupaten Jepara sudah dimulai. Nanti, pagar jembatan akan diberi hiasan ukiran. (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono)

MuriaNewsCom, Jepara – Dua jembatan di Jepara wilayah kota, rencananya bakal dikasih pagar dengan hiasan ukiran khas Jepara. Dua jembatan tersebut, yakni, Jembatan Kali Kanal Timur di Kelurahan Saripan, Kecamatan Kota yang ada di Jalan Pemuda, kemudian Jembatan Kali Wiso di kawasan Kantor Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jepara.

Dari pantauan MuriaNewsCom, pengerjaan pembangunan pagar jembatan tersebut sudah dimulai. Di sisi kanan dan  kiri jembatan, sudah dipasang pagar dari seng setinggi dua meter, agar pengerjaan tak mengganggu arus lalu lintas.

Kabid Bina Marga pada Dinas Penkerjaan Umum (PU) dan Tata Ruang Jepara Hartaya mengatakan, perbaikan pagar jembatan tersebut, salah satunya untuk mendukung pencapaian Adipura 2017. Agar tidak terkesan biasa-biasa saja, kemudian dipilihlah bentuk ukiran sebagai karakter dari Jepara.

”Konsep pagarnya nanti biasa. Hanya saja, di bagian beton untuk penyangga pagar akan dipenuhi ukiran. Sementara itu, tinggi pagar sekitar 1 meter dan desainnya sudah ada,” ujar Hartaya.

Kemudian, mengenai anggaran pembuatan hiasan pagar tersebut, ia memaparkan, bahwa akan diambilkan dari anggaran pemeliharaan di tahun 2017. “Pengerjaan proyek diperkirakan membutuhkan waktu empat bulan, yakni dari awal Februari hingga akhir Mei 2017. Proyek tersebut digarap menggunakan anggaran pemeliharaan 2017, dengan masing-masing jembatan dianggarkan Rp 180 juta,” pungkasnya.

Editor : Kholistiono