Anggota DPR RI Salurkan Bantuan Logistik untuk Korban Banjir di Pati

Anggota DPR RI Djoko Udjianto (kanan) bersama kader Partai Demokrat mengirim bantuan logistik di Desa Banjarsari, Gabus, Pati, Senin (20/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Wakil Ketua Badan Anggaran (Banggar) DPR RI Djoko Udjianto menyalurkan bantuan logistik untuk korban banjir di tiga kecamatan di Kabupaten Pati yang terdampak banjir, Senin (20/2/2017).

Didampingi Ketua DPC Partai Demokrat Pati Joni Kurnianto, Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Provinsi Jawa Tengah Kartina, dan jajaran Pengurus DPC Demokrat Pati, ratusan logistik disalurkan ke Desa Sinoman dan Mustokoharjo, Kecamatan Pati, Desa Banjarsari, Kecamatan Gabus dan Desa Srikaton, Kecamatan Kayen.

Keempat desa tersebut dianggap darurat, karena masih terkena dampak banjir sampai sekarang. “Kami ikut prihatin, karena di Pati ini berulang-ulang terjadi banjir setiap tahunnya. Karena itu, bantuan logistik ini diharapkan bisa meringankan beban masyarakat terdampak banjir,” ucap Djoko.

Menurutnya, penyebab banjir di Pati yang berulang berasal dari pendangkalan Sungai Silugangga. Saat itu, pihaknya sudah berusaha semaksimal mungkin untuk memberikan bantuan eskavator untuk membersihkan pendangkalan sungai, pelabuhan perikanan dan berbagai hal yang menyebabkan pendangkalan sungai.

Namun, upaya itu saja dianggap tidak cukup tanpa ada tata kelola daerah aliran sungai (DAS) yang baik dan benar. Karenanya, butuh gerakan moral untuk memperbaiki DAS yang baik di kawasan tersebut agar banjir tidak kembali berulang setiap tahunnya.

“Ke depan, kami akan usulkan kembali kepada Menteri PU maupun Menteri Kelautan. Nanti akan kami bicarakan secara khusus mengenai penanganan Sungai Silugangga. Bila tidak segera diatasi akan membuat banjir di daerah sekitarnya setiap musim penghujan,” tandas Djoko.

Editor : Kholistiono