Polisi Tinjau TPS di Pati yang Terkena Banjir

Polisi bersama KPU dan Panwaslu meninjau sejumlah TPS yang terkena banjir di Pati, Senin (13/2/2017). (MuriaNewsCom/Lismanto)

MuriaNewsCom, Pati – Jajaran Polres Pati yang dipimpin Kapolres Pati AKBP Ari Wibowo bersama dengan Komisioner KPU dan Panwaslu Pati meninjau sejumlah lokasi tempat pemungutan suara (TPS) di Pati yang terkena banjir, Senin (13/2/2017).

Padahal, pemungutan suara pada Pilkada Pati kurang dua hari lagi. Bila banjir tidak segara surut, dikhawatirkan akan mengganggu jalannya pelaksanaan pilkada. Hal itu yang membuat polisi ikut mengawal dan memantau kondisi banjir di TPS agar pemungutan suara bisa berjalan dengan baik.

“Ada sejumlah tempat yang akan dijadikan TPS terkena banjir. Karena itu, kami turun di lapangan langsung untuk melakukan peninjauan sehingga langkah-langkah penanganannya bisa dilakukan dengan tepat. Dengan demikian, pilkada bisa berjalan dengan baik,” ujar AKBP Wibowo.

Sejumlah titik TPS terdampak banjir yang ditinjau, di antaranya kawasan Ngantru, Desa Mustokoharjo, Kecamatan Pati, Dukuh Dongdil, Desa Gedungmulyo, Jakenan, dan Desa Tluwah, Kecamatan Juwana. Bila nanti masih belum surut, lokasi TPS yang terkena banjir akan dipindah.

“Dari hasil peninjauan di lapangan, kami memutuskan untuk memindah tempat TPS di lokasi yang tidak terkena banjir. Sebab, kemungkinan hujan masih bisa terjadi sehingga sebaiknya dipindah ke tempat yang bebas banjir,” tutur AKBP Wibowo.

Ketua KPU Pati Much Nasih menambahkan, langkah-langkah preventif perlu dilakukan agar masyarakat tetap bisa menggunakan hak pilihnya tanpa terganggu dengan banjir. Karenanya, evaluasi dari hasil peninjauan memutuskan tim untuk memindah lokasi TPS yang tidak mudah tergenang banjir saat hujan datang.

Editor : Kholistiono