Ketua DPRD Kudus Pantau Ruang Pengering Padi di Undaan

Ketua DPRD Kudus Mas’an (kiri) saat berkunjung ke lokasi ruang pengering padi di Undaan, Kudus. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Hujan yang berakibat banjir seperti sekarang ini membuat sejumlah petani mengeluh. Di antaranya akibat sulitnya mengeringkan padi karena hujan terus.

Ketua DPRD Kudus Mas’an mengatakan, ada solusi yang bisa digunakan untuk petani. Yakni berupa ruang pengering di Kecamatan Undaan. Bangunan berukuran besar itu bisa dimanfaatkan oleh para petani untuk mengeringkan padi pada panen kali ini.

“Sekali pengeringan dapat menampung padi hingga delapan ton. Jadi jumlahnya cukup banyak. Itu efektif untuk mengeringkan padi di musim hujan seperti sekarang ini,” katanya.

Terlebih lokasinya yang diapit oleh Mapolsek dan Koramil Undaan, juga membuat keamanan lebih terjaga.

Dalam ruangan itu terdapat alat khusus. Jika ingin memanfaatkan, petani tinggal menghubungi kelompok tani dan berkordinasi dengan pihak dinas. Tentang biaya sewa, pihaknya mempercayakan itu ke pemkab. Mengingat alat milik pemkab.

“Bahan bakarnya mudah dijumpai, bisa dengan bonggol jagung, bisa kayu bakar atau bisa dengan gas. Itu bisa menyesuaikan kebutuhan dari para petaninya,” ungkapnya.

Dalam pengeringan skala besar, membutuhkan waktu sampai sekitar 13 jam. Hal itu dianggap lebih efektif ketimbang tak bisa menjemur akibat hujan.

Editor : Akrom Hazami