Sekolah Terendam Banjir, Puluhan Siswa SDN 3 Jati Wetan Kudus Tak Sekolah

SDN 3 Jati Wetan yang kondisinya terendam air dalam tiga hari teakhir ini. Akibatnya, puluhan siswa tak bisa mengikuti kegiatan belajar mengajar. (MuriaNewsCom/Faisol Hadi)

MuriaNewsCom, Kudus – Akibat akses jalan menuju sekolah terendam banjir, puluhan siswa di SDN 2 Jati Wetan, Kecamatan Jati, Kudus, tidak bisa melaksanakan aktivitas belajar di sekolah seperti biasanya. Informasi yang didapat, banjir tersebut terjadi setelah hujan yang mengguyur Kudus dalam beberapa hari terakhir, sehingga air merendam badan jalan. Bukan hanya itu saja, bangunan sekolah juga terendam air.

Sulastri, salah satu guru SDN 3 Jati Wetan mengatakan, banjir yang menggenangi sekolah sudah terjadi sejak tiga hari lalu. Banjir bukannya menyusut, namun genangan air saat ini malah semakin tinggi. Akibatnya, tiga ruang kelas tak bisa digunakan karena terendam air banjir. “Kalau kedalaman air, kira-kira sampai 60 cm. Jadi cukup dalam untuk dilalui dengan berjalan kaki,” katanya Jumat (10/2/2017).

Menurutnya, pihak sekolah masih melaksanakan kegiatan belajar mengajar. Namun, karena situasi banjir, banyak siswa yang memilih untuk absen atau tak berangkat sekolah.

Hanya, terdapat satu kelas yang masuk, yaitu kelas VI, yang berjumlah sebanyak 19 siswa. Mereka semua masih masuk sekolah dengan keinginan untuk tetap belajar mempersiapkan ujian nasional yang bakal berlangsung dalam beberapa bulan ke depan.

“Kalau kelas VI masuk semua. Hal itu untuk persiapan UN. Siswa juga bersemangat dalam mengikuti pembelajaran meskipun keadaan banjir seperti ini. Secara keseluruhan, untuk siswa di SDN 3 Jati Wetan ini ada 96 siswa, mulai dari kelas I hingga kelas VI,” ujarnya.

Terkait rencana ke depan pihaknya belum mengetahui secara pasti. Pihaknya saat ini masih melakukan koordinasi dengan pihak UPT dan Dinas Pendidikan. Sehingga, langkah yang ditempuh nanti juga menunggu petunjuk dari pihak dinas. 

Editor : Kholistiono