Warga Jepara yang Belum Terdaftar Dalam DPT Masih Bisa Mencoblos, Asalkan..

Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom, Jepara – Warga yang belum masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) masih diperbolehkan memberikan hak suaranya di Pilkada Jepara pada 15 Februari 2017 mendatang.

Komisioner KPU Jepara Subchan Zuhri mengatakan,warga yang mempunyai KTP elektronik atau surat keterangan (suket) dari Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Jepara bisa mengikuti proses pencoblosan. Kata dia, warga tersebut digolongkan dalam daftar pemilih tambahan.

“Dengan persyaratan miliki KTP elektronik atau suket sebagai warga setempat. Nanti bisa mencoblos di hari H di TPS sesuai alamatnya,” ungkapnya.

Hal itu, katanya juga merujuk pada revisi UU Pilkada yang melahirkan UU Nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota. “UU ini punya satu kebijakan tunggal bahwa untuk pemilih didasarkan kepada identitas yang tunggal yakni penggunaan e-KTP,” imbuhnya.

Sementara itu berdasarkan data yang dihimpun jumlah DPT Jepara dalam Pilkada 2017 sebanyak 858.958 terdiri dari 428.098 pemilih laki-laki dan 430.860 pemilih perempuan. “KPU Jepara mengeluarkan sebanyak 829 pemilih dari DPT karena yang bersangkutan belum tercatat dalam data base Disdukcapil Jepara,” katanya.

Dia menambahkan, mereka yang tidak terdaftar di DPT, bisa menggunakan hak pilihnya pada pilkada 15 Februari 2017 mendatang, yakni pada pada pukul 12.00 WIB hingga 13.00 WIB.

Editor : Kholistiono