Sampah yang Menumpuk di Pantai Teluk Awur Jepara Belum Ditangani

Kondisi Pantai Teluk Awur yang saat ini masih banyak dipenuhi sampah (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono).

Kondisi Pantai Teluk Awur yang saat ini masih banyak dipenuhi sampah (MuriaNewsCom/Edy Sutriyono).

MuriaNewsCom, Jepara – Banyaknya sampah yang terdapat di Pantai Teluk Awur, Kecamatan Tahunan, Jepara, hingga kini masih belum tertangani dengan baik. Masih banyak sampah yang telihat menumpuk di bibir pantai.

Munsiah, pedagang di kawasan Pantai Teluk Awur mengatakan, banyaknya sampah tersebut, selain dari ulah pengunjung, juga sebagian besar terbawa ombak dari tengah laut. Sehingga, banyak sampah yang menumpuk di bibir pantai.

“Kalau tidak keliru, kondisi ini sudah terjadi beberapa pekan lalu. Dan kalaupun dibersihkan, sampahnya pasti akan datang lagi. Sebab sampah itu berasal dari tengah laut,” ungkapnya.

Dia melanjutkan, pembersihan sampah di Pantai Teluk Awur,  terahir kali dilakukan sebelum Tahun Baru 2017 lalu. Dimungkinkan, dalam waktu dekat akan dibersihkan, karena sebentar lagi momen valentine, sehingga diprediksi pengunjung akan banyak.

“Hari valentine biasanya sangat ramai pengunjungnya. Terutama pengunjung remaja, pemuda pemudi. Nah saat itulah nantinya akan dibersihkan. Seupaya para pengunjung bisa nyaman,” ungkapnya.

Dari pantauan MuriaNewsCom, sampah yang berjenis kayu, ranting hingga palstik bekas tersebut juga masih memenuhi bibir Pantai Teluk Awur sepanjang 500 meter. “Ya mau gimana lagi, lha wong musimnya juga lagi baratan. Sehingga sampah-sampah kiriman dari tengah laut juga menepi di sini. Sehingga kondisinya ya kayak gini,” ujar Munsiah.

Editor : Kholistiono