Terkait Keluhan Pelanggan Soal Pemadaman Listrik, Ini Kata Manajer PLN Rayon Jepara

Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Jepara – Terkait dengan adanya keluhan warga mengenai pemadaman listrik yang terjadi di wilayah Jepara, pihak PLN Jepara menegaskan, selalu siaga selama 24 jam dalam merespon keluhan pelanggan, bahkan ketika terjadi bencana puting beliung beberapa waktu yang lalu.

“Untuk pelayanan gangguan ataupun keluhan lainnya kami selalu siaga selama 24 jam dan 7 hari dalam seminggu. Pelanggan cukup menghubungi contact center PLN 123 atau langsung datang ke kantor PLN terdekat. Pelayanan CC PLN 123 sebenarnya untuk memudahkan pelanggan melakukan komunikasi dengan PLN karena dapat dihubungi melalui beberapa saluran, bisa telp (kode area) 123, ya kalau Jepara (0291) 123, email pln123@pln.co.id , Facebook dengan akun PLN 123, dan Twitter dengan akun @pln123,” ujar Jaya Kurniawan, Manajer Rayon Jepara, dalam rilis yang diterima MuriaNewsCom, Jumat (3/2/2017).

Ditambahkan pula, bahwa layanan pengaduan CC PLN 123 merupakan layanan pengaduan secara nasional dan seluruh pengaduan yang disampaikan melalui CC tersebut akan dipantau secara tersistem, sehingga apabila ada keluhan masyarakat yang belum direspon dengan baik pasti akan ada sanksi.

Jaya juga menjelaskan, bahwa padamnya listrik disebabkan oleh 2 faktor, yaitu untuk pemeliharaan dan gangguan. Untuk pemeliharaan dia mengibaratkan jaringan listrik seperti layaknya kendaraan bermotor ataupun alat elektronik lainnya yang memerlukan perawatan secara berkala, dan untuk menjamin keselamatan bekerja saat dilakukan pemeliharaan jaringan listrik dikondisikan dalam keadaan padam. “Untuk pemeliharaan selalu kami informasikan sebelumnya,” imbuhnya.

Sedangkan untuk padam tanpa ada pemberitahuan atau gangguan  di wilayah Jepara, menurutnya, dikarenakan cuaca ekstrem yang terjadi seperti hujan lebat dan angin kencang mengakibatkan pohon tumbang yang akhirnya menimpa jaringan.

“Jadi jaringan PLN ini menggunakan sistem yang akan padam bila terkena sentuhan sebagai tindak pengamanan. Bayangkan kalau ada dahan pohon menyentuh kabel dan jaringan tidak padam lalu listrik mengaliri pohon tersebut, itu bisa membahayakan sekitarnya. Itu hanya contoh saja. Tapi masyarakat tidak perlu khawatir karena saat menerima laporan gangguan saat itu pula kami meluncur ke lapangan untuk memperbaiki jaringan, walau dalam kondisi hujan dan angin. Kami siaga 24 jam dan 7 hari seminggu,” ungkapnya.

Jaya juga mengharapkan, masyarakat dapat turut memberikan dukungan untuk PLN dengan memberikan informasi secepatnya apabila padam ataupun menyampaikan masukan apabila ada pohon di lingkungan sekitar yang medekati jaringan melalui CC PLN 123 atau ke kantor PLN terdekat.

Editor : Kholistiono