Tahun Ini, Pasar Colo Kudus Dibangun 

Pasar-1024x634

ILUSTRASI

MuriaNewsCom, Kudus – Dinas Perdagangan Kabupaten Kudus tahun ini bakal membangun pasar di kawasan atas atau Colo. Pembangunan pasar tersebut dilakukan lantaran pemkab melihat kebutuhan adanya pasar di lokasi itu.

Kepala Dinas Perdagangan Kudus Sudiharti mengatakan pendataan sudah dilakukan untuk kebutuhan pedagang. Namun hasil akhir dari pendataan masih belum final. Dan untuk detail enggineering detail (DED) juga sudah siap.  “Tinggal menunggu proses lelangnya, dan kemudian dilanjutkan dengan pengerjaan proyeknya. Jadi tahun ini bisa diselesaikan dan dimanfaatkan oleh pedagang,” kata Sudiharti di Kudus, Jumat (3/2/2017).

Disinggung soal biaya, dia mengatakan, pembangunan mengalokasi biaya sekitar Rp 23 miliar. Jumlah sudah dianggarkan dari APBD murni 2017. Di wilayah itu, ada pedagang yang memiliki kios dan yang tidak memiliki kios. Semua dilakukan pendataan. Namun untuk yang menjadi prioritas ketika bangunan rampung, pedagang yang selama ini sudah menempati kios tersebut.

Rencana pembangunan pasar nanti berstruktur dua lantai. Pada lantai bawah digunakan untuk parkir, dan lantai II digunakan untuk pedagang. Lantai II nantinya juga bisa digunakan untuk melihat langsung pemandangan yang serba hujau dari atas. “Pembangunan ini masuk dalam prioritas  pembangunan tahun ini. Kawasan merupakan areal yang harus ditata pembangunannya,” ungkapnya.

Sementara, Ketua Komisi B DPRD Kudus Muhtamat mengingatkan, dengan besarnya anggaran tersebut, maka pembangunan dapat dilakukan di awal tahun. Dengan demikian pembangunan dapat maksimal dan mampu dimanfaatkan lebih awal. “Jangan lupa menampung produksi UMKM di Colo. Banyak potensi yang muncul, dan seharusnya dapat diajak berkembang bersama. Seperti halnya kopi, pengrajin hingga dengan batik,” ungkapnya.

Editor : Akrom Hazami