Marak Kendaraan Tonase Besar Lewat Dalam Kota, Polisi Grobogan Luncurkan Program Dagelan

Petugas dari Satlantas Polres Grobogan menghentikan kendaraan bertonase besar yang melintasi kawasan kota Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

Petugas dari Satlantas Polres Grobogan menghentikan kendaraan bertonase besar yang melintasi kawasan kota Purwodadi. (MuriaNewsCom/Dani Agus)

MuriaNewsCom, Grobogan – Sebuah program baru diluncurkan Satlantas Polres Grobogan. Program baru ini diberi label ‘Dagelan’ yang merupakan kependekan dari Penindakan Pelanggaran Kelas Jalan.

Kasat Lantas Polres Grobogan AKP Panji Gedhe Prabawa mengatakan, progam Dagelan diluncurkan seiring banyaknya kendaraan bertonase besar yang melintasi ruas jalan di wilayah Kabupaten Grobogan. Kondisi ini perlu disikapi serius karena sudah beberapa kali terjadi kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan besar dengan muatan melebihi ketentuan tersebut dengan kendaraan lain.  

Di samping itu, ada pula kecelakaan tunggal yang menimpa kendaraan besar melebihi tonase tersebut. Seperti, kendaraan yang terguling atau terperosok bahu jalan. Hal ini terjadi karena lebar jalan yang ada memang cukup sempit. “Dari kondisi inilah, kita kemudian membuat program Penindakan Pelanggaran Kelas Jalan atau disingkat Dagelan. Tetapi ini sesuatu yang serius, lho. Bukan, sebuah lelucon atau dagelan. Melalui program ini, kita berupaya untuk bisa menekan angka kecelakaan, khususnya yang melibatkan kendaraan berat,” terang Panji.

Dijelaskan, sesuai ketentuan, kondisi jalan yang ada di Kabupaten Grobogan masuk dalam kelas III. Dengan status seperti ini, hanya kendaraan dengan bobot maksimal 8 ton saja yang boleh melintas. Menurut Panji, banyaknya kendaraan bertonase besar yang melintas akan berdampak dengan rusaknya kondisi jalan dalam jangka panjang. Jika jalan rusak maka dampak selanjutnya bisa mengundang kecelakaan lalu lintas hingga mengancam keselamatan jiwa para pengendara.

“Terkait dengan kondisi inilah, kami mengimbau kepada kendaraan besar yang melebihi tonase agar tidak melintasi wilayah Grobogan. Kepada para pelanggar, kami nantinya akan melakukan penindakan,” tegasnya.

Editor : Akrom Hazami