Listrik Sering Padam di Jepara, Ternyata Ini Penyebabnya

Ilustrasi

Ilustrasi

MuriaNewsCom,Jepara – Sejumlah warga mengeluhkan adanya pemadaman listrik yang cukup sering di Kabupaten Jepara. Hal itu terlihat dari banyaknya aduan warga yang masuk ke Portal “Lapor Bupati.”

Sekretaris Daerah (Sekda) Jepara Sholih mengatakan, keluhan mengenai listrik yang masuk ke Portal Lapor Bupati tidak kurang dari 26 keluhan. Masyarakat mengeluh karena listrik sering mati. Akibatnya, kerja terhambat dan peralatan elektronik rusak. Masyarakat katanya sebagian juga mengadu dan mengeluh ke pihak PLN, namun tidak mendapatkan respon.”Kami berharap apapun keadaannya, aduan hendaknya ditangani dengan baik,” katanya.

Dengan kondisi semacam itu, pihaknya meminta agar kondisi listrik di Jepara diperbaiki. Sehingga ke depannya setiap kegiatan sehari hari bisa berjalan lancar.

Menanggapi hal tersebut, Kepala PLN Rayon Bangsri Jaya Kurniawan menyampaikan, bahwa kondisi cuaca di Jepara saat ini di luar prediksi. Kondisi tersebut mengakibatkan jaringan listrik terganggu. Pemicunya adalah pohon yang tumbang ataupun pohon rimbun yang mengganggu jaringan.”70 persen gangguan listrik karena pohon. Gangguan tahun ini lebih parah dibanding musim hujan tahun lalu,” katanya.

PLN mencatat, pohon yang mengganggu kabel listrik untuk wilayah Rayon Jepara tak kurang dari 26.000 pohon. Kondisi serupa juga terjadi di area PLN Rayon Bangsri.Secara keseluruhan pohon yang berpotensi mengganggu jaringan listrik sebanyak 50 ribu lebih pohon.

“Selama ini, kami juga sedikit terkendala personel. Meski demikian, untuk triwulan pertama ini, kami menargetkan 3 ribu pohon sudah dirabas di jalur utama. Kami juga melakukan penambahan personel, agar satu bulan ke depan sudah bisa selesai, sehingga listrik tidak lagi terganggu,” ungkapnya.

Saat ini dirinya juga berharap supaya pemkab mendukung perabasan pohon dengan memberikan imbauan kepada pihak desa. Sebab, untuk perabasan pohon, terkadang terkendala oleh pemilik pohon yang tidak mengizinkan.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Jepara Basuki Wijayanto menilai, tingkat pemadaman listrik akhir-akhir ini memang sangat tinggi. Kondisi ini berbeda dengan dulu. “Jika memang hal itu terjadi karena musim hujan, seharusnya sudah ada pemeliharaan pohon sebelum musim hujan tiba. Karena dalam pembayaran PLN memang sudah ada alokasi untuk memeliharaan jaringan,” ungkapnya.

Editor : Kholistiono